Share
LASKAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon terima 15 unit motor sampah dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI bagi negeri/desa/kelurahan.
Selain mengangkut sampah dari bak sampah ke tempat pembuangan sampah (TPS) diharapkan adanya peningatan pengelolaan sampah khusus pengembangan bank sampah guna mendukung ekonomi masyarakat.
“Pemkot Ambon berterima kasih kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang telah mempercayakan Kota Ambon sebagai rumah penyelenggaraan kegiatan sosialisasi pengembangan bank sampah dalam rangka mendukung sirkulasi ekonomi masyarakat,” ujar  Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler saat membuka sosialisasi pengembangan bank sampah di Manise Hotel, Rabu (27/3/19).
Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh anggota komisi VII DPR-RI dapil Maluku dari partai Gerindra, Taslim Azis yang diterima kepala dinas lingkungan hidup dan persampahan (DLHP) Kota Ambon, Lucia Izaak dan perwakilan dari Kabupaten Buru dan Kabupaten Maluku Tenggara dengan total 40 unit demi mewujudkan Indonesia bebas sampah 2025.
Bantuan yang diterima setidaknya membantu mewujudkan Ambon tujuan wisata 2020. Pula, diharapkan, bantuan yang diterima bisa bermanfaat bagi 50 negeri/desa/kelurahan.
“Ini sangat membantu optimalisasi serta pengembangan bank sampah di masing-masing wilayah yang sudah terbentuk melalui motor sampah,” kata orang kedua di Kota Ambon.
Sementara itu, anggota komisi VII DPR-RI, Taslim Azis memastikan sebagai mitra KLHK, berupaya merealisasikan penambahan motor sampah, dengan tahap awal 40 unit.
Dia siap berkoordinasi dengan rekannya Merchy Barends yang sama-sama di Komisi VII. “Suka tidak suka, kami harus sukseskan program pemerintah pusat untuk Indonesia bebas sampah 2025,” kata Taslim. (L02)