Share

AMBON, LaskarMaluku.com – Pemerintah Kota Ambon melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat, menyerahkan hewan kurban kepada Masjid di Kota Ambon.
Dari jumlah 75 hewan kurban tersebut, terdiri dari 40 ekor sapi dan 35 ekor kambing.

Penjabat Walikota Ambon Dominggus Kaya dalam sambutannya, mengatakan pemkot Ambon setiap tahun turut berpartisipasi membagikan hewan kurban yang disalurkan kepada kelompok masyarakat baik di masjid, kelembagaan dan lingkungan masyarakat yang telah membentuk kepanitiaan dan mengajukan permohonan bantuan hewan kurban ke Pemkot Ambon.

Selaku Penjabat Walikota Ambon, dirinya menyambut gembira perayaan hari raya idul Adha atau Idul Kurban sebagai salah satu hari besar umat Muslim.
Ibadah kurban uang yang dilakukan kaum Muslimin pada hakekatnya adalah bentuk ekspresi keimanan dan ketakwaan, bentuk ungkapan syukur serta bentuk ungkapan simpati dan empati kepada sesama manusia.

BACA JUGA:  16 Ribu Botol Vaksin Sinovac Pekan Depan Tiba di Ambon

Sehingga ibadah kurban ini sejatinya memiliki 2 dimensi pokok yaitu dimensi vertikal atau hubungan manusia dengan Tuhannya sebagai landasan iman takwa, serta dimensi horisontal atau hubungan sesama manusia sebagai bentuk nyata kepekaan dan kepedulian sosial,” ungkap Dominggus saat kegiatan penyerahan hewan kurban di Balai Kota Ambon, Sabtu (15/6/2024).

Olehnya itu, kegiatan pembagian hewan kurban ini dimaksud sebagai salah satu bentuk perhatian dan partisipasi pemerintah dalam mendukung dan memfasilitasi kegiatan keagamaan di Kota Ambon.

Sekaligus upaya untuk meningkatkan kepedulian sosial, mendalami nilai-nilai pengorbanan dan keimanan serta mempererat hubungan antara pemkot Ambon dengan masyarakat khususnya umat muslim di Kota Ambon guna mewujudkan masyarakat yang harmonis dan religi.

Dominggus menghimbau, kepada seluruh panitia hewan penyembelihan hewan kurban agar dapat melaksanakan tugas kepanitiaan secara amanah, penuh rasa tanggungjawab dan menjaga kebersihan lingkungan.

BACA JUGA:  Bayi di Silale Telah Diasuh LKSA Kota Ambon

“Pastikan agar setiap kelompok masyarakat miskin, kaum duafa dan para mustahik dilingkungan masing-masing lebih diutamakan dalam pembagiannya. Sehingga manfaat sosial dari kurban bernilai ibadah bagi setiap orang yang telah berkurban,” ucapnya.

Untuk diketahui, penyerahan hewan kurban diserahkan secara langsung oleh Sekretaris Kota Ambon Agus Ririmasse pada masjid-masjid di Kota Ambon.

Sebelumnya dalam lapora Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Kota Ambon Fenly Masawoy mengatakan, bahwa bantuan hewan kurban yang dilaksanakan merupakan program rutin dari Pemerintah Kota ambon dan merupakan bagian dari perhatian pemerintah dalam mendukung penyelenggaraan hari raya kurban umat Islam, memupuk semangat berbagi dan tolong menolong di kalangan umat Islam.

Pemerintah Kota Ambon,setiap tahunnya menganggarkan pembagian hewan kurban kepada panitia- panitia kurban di Masjid atau lembaga – lembaga sesuai dengan proposal yang di sampaikan ke kami pemerintah kota ambon

BACA JUGA:  Pohon Besar Tumbang Timbah Ibu Dan Dua Anak di depan Lampu Merah

Pasalnya,sampai dengan saaat ini Terdapat 90 proposal permohonan yang telah di sampaikan ke kami dan
yang masuk pula tersebut senantiasa meningkat setiap tahunnya,” Ucapnya

Lanjut,dikatakannya,kegiatan ini adalah untuk memfasilitasi kegiatan keagamaan di kota Ambon, sekaligus untuk mengakomodir permohonan bantuan dari Kelompok masyarakat yang meningkat setiap tahunnya

Selain itu itu juga,untuk meningkatkan kepedulian sosial dan hubungan antara pemerintah kota ambon dengan masyarakat dalam upaya mewujudkan ambon harmonis dan religius

“Untuk lebaran Idul adha 1445 H ini, Pemkot ambon menyiapkan
75 Ekor Hewan Kurban yang terdiri dari ,38 ekor sapi dan 35 ekor kambing,” jelasnya

“Hewan kurban tersebut dalam kondisi sehat melalui pemeriksaan oleh tenaga kesehatan Hewan dari dinas Pertanian Kota Ambon ,serta memenuhi syarat untuk di jadikan hewan kurban sesuai dengan Syariat Islam,”(06)