Share

AMBON, LaskarMaluku.com – Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Perikanan kota Ambon  dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Ambon melaksanakan pelatihan Sertifikasi Kecakapan Nelayan (SKN).kepada Para Nelayan di 5 Kecamatan di Kota Ambon Selasa (1/8/2023) di Manise Hotel, dibuka oleh Sekretaris Kota (Sekkot) Agus Ririmasse.

Sekkot dalam sambutannya mengatakan, SKN merupakan sertifikasi ketrampilan bagi awak kapal perikanan untuk menakhodai, mengoperasikan, atau membawa kapal  perikanan berukuran sampai 5 Gross Ton (GT). SKN ini juga diperuntukan bagi kelasi atau awak kapal yang bekerja pada kapal perikanan berukuran lebih dari 5 GT sampai dengan 30 GT.

“Dengan adanya SKN ini, keahlian dan ketrampilan nelayan diakui secara nasional, karena akan mendapatkan Sertifikasi Kecakapan yang dikeluarkan oleh Negara melalui KKP. Selain itu, dengan keahlian dan ketrampilan yang diperoleh, dapat terus meningkatkan produktivitas nelayan, dan kegiatan penangkapan tetap dilakukan sesuai ketentuan keselamatan yang berlaku,” jelasnya.

BACA JUGA:  20 Tenaga IT Pemkot Ambon Ikut Pelatihan Kementerian Kominfo RI

Diakuinya, profesi nelayan merupakan salah satu profesi yang berbahaya dan beresiko, sementara hasilnya terkadang tak menentu.

Oleh sebab itu, keselamatan nelayan harus menjadi prioritas utama, agar dapat kembali dari laut membawa hasil, dan pulang ke rumah dengan selamat.

Hal ini seringkali dianggap oleh para nelayan kita sebagai suatu rutinitas kerja, karena sudah terbiasa bekerja di lautan.

Bahkan secara otodidak, para nelayan ini belajar melaut sudah dari kecil atau dari masih muda. Namun demikian perlu ada pencerahan dan pencerdasan mengenai keselamatan dan kecakapan dasar nelayan” terang Ririmasse.

Dirinya berharap, ke 225 nelayan ini, dapat mengikuti pelatihan SKN dengan baik, agar lebih meningkatkan pemahaman, ketrampilan, dan keahlian untuk menjadi nelayan yang profesional dan tersertifikasi.

BACA JUGA:  Sekkot Minta ASN Pemkot Melayani Masyarakat Dengan Hati

Kegiatan Pelatihan SKN direncanakan akan berlangsung hingga 5 Agustus 2023 mendatang, dengan menghadirkan narasumber dari PPN Ambon. (L06)