Share

AMBON, LaskarMaluku.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Diskucapil) terus berupaya untuk menfasiltasi sejumlah warga binaan lapas kelas II A Ambon bisa memiliki Kartu Tanda Penduduk (e-KTP).

Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena mengatakan, dalam rangka kita mengkongkritkan apa yang sama-sama kita upayakan baik dari pemerintah kota maupun dengan Lapas kelas 2 Ambon untuk bersama-sama membantu memberdayakan dan memberikan perhatian kepada warga binaan Lapas kelas 2 Ambon

“Jadi mudah-mudahan hari ini semua yang menjadi warga binaan Lapas kelas 2 Ambon yang belum memiliki KTP bisa difasilitasi,”kata Bodewin saat hadiri kegiatan perekam e-KTP di lapas 2 Ambon, Kamis (1/2/2024).

Perekaman sekaligus cetak e-KTP yang dilakukan oleh dinas dukcapil ini sebenarnya terus berlangsung di berbagai tempat dengan pendekatan jemput bola.

“Jadi Dukcapil turun ke berbagai lokasi berbagai tempat untuk memastikan bahwa seluruh warga Kota Ambon memiliki kartu identitas baik itu KTP, Kartu Keluarga dan lain-lain,”ujarnya.

BACA JUGA:  Tahun 2024 Provinsi Maluku Miliki Perda Ketenagakerjaan

Kata dia, kita tidak hanya melayani teman-teman warga binaan yang warga Kota Ambon saja, tetapi saudara-saudara kita dari kabupaten kota yang lain sekiranya mereka pernah memiliki KTP.

“Karena itu kegiatan yang dilakukan hari ini adalah bagian daripada kita mewujudkan apa yang telah kita sepakati bersama untuk sama-sama memberikan perhatian kepada warga kelas 2  Ambon”, jelasnya.

Selai itu, kami juga akan menindaklanjuti dengan bidang-bidang yang lain. Kepala Lapas sementara sedang mengidentifikasinya, dan itu saya sudah sampaikan pada saat perayaan Natal bahwa apa yang dilakukan di Lapas ini lewat pembinaan menghasilkan karya-karya yang baik bisa kita fasilitasi untuk dipasarkan.

“Jadi data ini sudah terintegrasi secara nasional jadi tinggal sebutkan nama yang penting lengkap, NIK atau nama saja kita coba cek nama dan tanggal lahir ya sudah ada datanya tinggal kita cetak KTP-nya, untuk saudara-saudara  yang dari kabupaten- kota yang lain”, terangnya.

BACA JUGA:  Pj Walikota Minta Orangtua Didik Anak dan Hindari Kekerasan

Selain itu, Pemerintah kota telah melakukan cetak KTP, kartu identitas anak untuk di Lapas anak dan di Lapas perempuan Rutan, Rutan juga sudah. Jadi ini sebenarnya kegiatan jemput bola yang dilakukan oleh Dinas Dukcapil  Kota Ambon di berbagai tempat

“Mudah-mudahan ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan ke depan semua warga Kota Ambon khususnya bisa memiliki identitas sebagai warga kota dan teman-teman dari tempat lain juga bisa difasilitasi untuk mencetak identitas mereka”, tandasnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas II A Ambon, Mukhtar meyampaikan, bantuan Perekaman E-KTP kepada warga binaan kami yang belum mendapatkan KTP, dan Alhamdulillah hari ini Tanggal 1 Februari sudah terealisasi oleh PJ Walikota Ambon Bodewin Wattimena beserta rombongan yang di dampingi oleh kepala OPD Kota Ambon.

BACA JUGA:  Antusias Warga Menurun, Capaian Vaksinasi Booster di Kota Ambon Rendah

“Untuk perekaman hari ini yang memang belum pernah, belum di lakukan perekaman itu ada sebanyak 22 orang dan sisanya ada sekitar lebih 100 orang, itu yang memang tadinya sudah perekaman tapi KTPnya  tercecer. Untuk itu kami upayakan bisa di bantu untuk cetak  E-KTP-nya disini bagi yang di luar dari Kota Ambon”, ujarnya.

Untuk itu kami upayakan agar warga binahan kami yang berada dalam sini yang tadinya tidak mempunyai identitas bisa mendapatkan identitas e-ktp yang bisa dipakai setelah bebas nanti.

“Jumlah warga binaan untuk perharian 420 orang kalau DPT nya 383 orang karena  disini ada 2 TPS ,TPS 902 dan TPS 903  ini  juga dalam rangka untuk pemilu nanti, nanti  setelah perekaman ini kita tindak lanjut  lagi untuk didaftarkan sehingga namanya bisa terdapftar ke KPU untuk di masukan di Daftar Pemilihan Tetap  (DPT) Lapas Ambon”, terangnga. (L06)