Share

AMBON, LaskarMaluku.com – Tiga Model Purwarupa diluncurkan sebagai strategi dalam meningkatkan kunjungan Balita di Posyandu.Model Purwarupa tersebut diluncurkan, Jumat (21/7/2023) di Posyandu Anggerek, Kawasan Air Salobar, Desa Nusaniwe, Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon.

Tiga Model Purwarupa ini merupakan bagian dari Human Centered Design, yang terdiri dari Layar Tancap/ Pemutaran Video lewat In-focus, tempat bermain anak di Posyandu (Tabea Posyandu) dan wisudawan/wisudawati imunisasi rutin lengkap di Posyandu (Warung Posyandu).

Pj. Ketua TP- PKK Kota Ambon, Lisa Wattimena mengatakan, peluncurkan 3 (Tiga) model purwarupa sebagai strategi dalam meningkatkan kunjungan Balita di Posyandu.

“Harapannya ketiga model purwarupa tersebut bisa dijadikan sebuah strategi atau solusi yang tepat untuk meningkatkan kunjungan Balita yang datang imunisasi rutin di Posyandu,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Sekot Ambon Pastikan Pilkades Serentak Siap Digelar

Wattimena akui, angka kunjungan Balita di Posyandu masih rendah, yakni dibawah 50 persen, padahal Posyandu adalah wahana utama dalam memberikan layanan kesehatan dasar di tingkat masyarakat. Oleh sebab itu perlu adanya strategi atau metode untuk mendorong peningkatan angka kunjungan salah satunya dengan menerapkan Human Centered Design.

“Human Centered Design adalah pendekatan yang berfokus pada kebutuhan dan harapan, aspirasi pengguna sebagai pusat dari proses perancangan dan pengembangan layanan,ā€¯jelasnya.

Wattimena memberi apresiasi terhadap Dinas Kesehatan yang telah bekerjasama dengan UNICEF, UNHAS dan CHICS Maluku yang telah menggagas dan memfasilitasi peluncuran model purwarupa.

“Diharapakan setiap orang tua dapat memahami pentingnya Posyandu dan pentingnya menjaga tumbuh kembang anak dalam rangka menciptakan generasi penerus bangsa yang sehat,” pungkasnya. (L06)