Share

AMBON, LaskarMaluku.com – Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Sadali Ie, mangatakan pelantikan Penjabat Bupati Maluku Tengah, menggantikan Muhamat Marasabessy akan dilaksanakan pada 12 September 2023.

“Jadi Rakib Sahubawa yg saat ini menjabat Selda Maluku Tengah akan dilantik sebagai Pj Bupati Maluku Tengah pada hari Selasa tanggal 12 September 2023, karena itu batas waktu penjabat lama. Sehingga tidak terjadi kekosongan pemerintahan,” kata Ie, kepada wartawan usai menghadiri HUT Kota Ambon yang berlangsung di Lapangan Merdeka Ambon, Kamis (7/9/2023).

Dijelaskan, mengenai nomor Surat Keputusan (SK) pengangkatan Sahubawa, kata Sadali, secara etika nanti itu diketahui pada saat dibacakan.

“Dan SK sudah diambil oleh Kepala Biro Pemerintahan pada Kamis 7 September 2023 jam 12 siang ini,” ujar Sekda.

BACA JUGA:  Uskup Seno Ngutra Tegaskan Pemilu 2024 Umat Katolik Dilarang Golput

Menurut Sekda, sebelumnya ada tiga nama yang diusulkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku, sebagai Pj. Bupati Malteng, yang disebut yakni diantaranya Sekretaris Daerah Malteng Rakib Sahubawa, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku Yahya Kotta dan

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku Jais Ely.

Dikatakan, Muhamat Marasabessy yang menjabat sebagai Pj. Bupati Malteng saat ini, tidak termasuk dalam tiga nama yang diusulkan. Pasalnya jabatan Marasabessy sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Maluku, telah dicopot oleh Gubernur Maluku Murad Ismail.

“Marasabessy dicopot lantaran terkait temuan Nomor Induk Pegawai (NIP) ganda yang dimiliki Marasabessy, sehingga posisi jabatan Kepala dinas pada PPUR Provinsi Maluku digantikan dengan Ismail Usemahu sebagai Pelaksana Tugas (Plt) pada Dinas,” tandas Sekda. (L04)