Share

AMBON, LaskarMaluku.com – Sebagai Pelaksana Harian Ketua Dewan Pimpinan Daerah DPD Partai Golkar Provinsi Maluku, Ridwan Rahman Marasabessy mengaku diperintahkan Ketua DPD Partai Golkar Maluku Ramly Umasugi untuk ikut mengawal proses pencalonan bakal calon bupati Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Agil Rumakat yang juga menjabat Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar SBT.

“Beta diperintahkan Ketua DPD Gokar Maluku Pak Ramly Umasugi untuk mengawal proses-proses pencalonan pa Agil Rumakat sebagai bakal calon Bupati SBT,”jelas Ridwan dengan dialeg Ambon kepada media ini usai ikut mendampingi bakal calon Bupati SBT Agil Rumakat mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di kantor DPW PPP Ambon, Provinsi Maluku, Jumat (28/6/2024).

Ridwan menambahkan, terkait dengan penugasannya hanya untuk Agil Rumakat lantaran masing-masing DPD ditingkat kabupaten kota di provinsi Maluku, diamanatkan dan atau dipercayakan kepada pihak-pihak yang berkompeten untuk ikut berproses mendampingi bakal calon bupati, Walikota yang diusung partai berlambang pohon beringin itu.

BACA JUGA:  Hari Ke 2 MTQ, Kafilah Kota Ambon Bersaing Pada 5 Mata Lomba

Keikutsertaan Agil Rumakat pada kontestasi Pilkada serentak, selain tingkat popularitasnya terbilang baik, kondisi ini pula semakin menempatkan partai dibawah komando Hartarto Erlangga meraih posisi wakil ketua di DPRD Kabupaten SBT dengan perolehan tiga kursi. Kendati gagal menempatkan perolehan kursi di DPRD provinsi Maluku pada pileg 14 Februari lalu.

Untuk memenuhi kuota 20 persen dukungan suara di parlemen, menurut Ridwan pihaknya sementara melakukan negosiasi politik dengan Partai Gerindra, PAN, PPP juga Hanura.

“Butuh 5 kursi untuk maju sebagai calon Bupati SBT, jadi komunikasi politik terus terbangun dengan partai-partai politik,”ujarnya.

Ketika ditanya soal elektabilitas Agil Rumakat? Ridwan menjelaskan, “Elektabilitas Pa Agil di SBT tidak perlu diragukan, karena tingkat kepercayaan masyarakat sangat luar biasa, karena sudah 4 periode menjadi anggota DPRD Kabupaten SBT. Kita tetap ikhtiar dan serahkan Tuhan yang punya kuasa,”ungkapnya.

BACA JUGA:  Dipastikan, Benhur Watubun Kembali Jabat Ketua DPRD Maluku Periode 2024-2029

Dirinya mengingatkan bakal calon Bupati yang lain untuk tidak mengharapan rekomendasi dari Partai Golkar, sebab sudah pasti Agil Rumakat akan mengantongi rekomendasi Golkar.

Sementara itu, bakal calon bupati SBT, Agil Rumakat berpendapat, semua bakal calon kepala daerah bupati, wakil bupati, bakal calon walikota, wakil Walikota, bakal calon Gubernur dan bakal calon wakil gubernur yang berproses di partai Gerindra pasti punya harapan yang sama yakni sebisa mungkin mendapat rekomendasi partai Gerindra sebagai partai pengusung di semua kabupaten – Kota.

Sama halnya juga dengan kabupaten Seram Bagian Timur SBT, dirinya termasuk salah satu yang berproses mempunyai keinginan yang sama untuk mendapat amanah parpol untuk direkomendasikan.

BACA JUGA:  Indey : Masih Konsolidasi, Belum Ada Perombakan Birokrasi di Pemkab Kepulauan Tanimbar

Agil mengaku optimis akan mengantongi rekomendasi Partai Gerindra, karena saat Pilres 14 Februari 2024 lalu, dirinya dipercayakan sebagai Ketua tim Pemenangan Capres Prabowo-Gibran dan semua operasional menjadi tanggungjawab Agil.

“Ini yang menjadi salah satu modal saya bahkan itu yang menjadi nilai lebih dibandingkan dengan bakal calon kepala daerah lainnya di SBT. Saya sudah berbuat banyak untuk Gerindra sehingga Prabowo dan Gibran menang,”katanya penuh optimis.

Di semua partai politik lanjut Rumakat, dirinya bersama tim melakukan komunikasi politik secara berjenjang tidak lompat lompatan.

“Jadi tetap membangun komunikasi dengan Partai Gerindra maupun parpol lain, di tingkat kabupaten/provinsi bahkan pusat serta saya tetap mengikuti pentahapan dan aturan main yang diisyaratkan panitia desk pilkada masing-masing partai,”tutupnya. (L05)