Share

BURU, LaskarMaluku.com – Anggota Komisi VI DPR RI Hendrik Lewerissa mendukung langkah PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) yang tengah fokus mengembangkan ketersedian energi bersih dan ramah lingkungan melalui proyek energi panas bumi.

Proyek tersebut didesign dalam kerangka menuju transisi energi dan keberlanjutan.

“Kita patut berikan apresiasi dan dukungan yang penuh kepada PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) yang telah menghadirkan diversifikasi sumber energi dan keberlanjutan di negara ini ,” ujar Lewerissa, anggota DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Maluku itu, saat jadi pembicara pada diskusi yang bertema “Transisi Energi Bersih dan Keberlanjutan” di Waeapo, Kabupaten Buru, Jumat (8/9/2023).

BACA JUGA:  Rekomendasi Dewan Tak Bisa Batalkan Proses Pilkades di Tanimbar

Lewerissa meyakini PGEO mampu untuk menghadirkan ketersediaan energi bersih dan ramah lingkungan bagi bangsa dan negara ini.

Karena PGEO sebagai pelaku utama dalam industri energi panas bumi di Indonesia, yang memiliki portofolio proyek yang luas dan beragam, tentu mereka mampu merealisasikan langkah tersebut.

Jika dilihat dari sisi kemampuan, kata Lewerissa, teknologi dan struktur tim ahlinya, PGEO cukup mumpuni untuk menggarap proyek panas bumi. Karena PGEO memiliki
pendidikan dan pelatihan untuk mengembangkan tenaga kerja yang terampil dan terlatih di bidang energi panas bumi.

“Inisiatif ini berkontribusi pada pembangunan sumber daya manusia yang mendukung pertumbuhan industri dan memberikan manfaat sosial bagi masyarakat,” tandas Lewerissa.

BACA JUGA:  Oktober 2022 Kota Tual Alami Deflasi 1,35 Persen dengan IHK Sebesar 113,85

Menurut Lewerissa keberlanjutan merupakan pilar penting dalam operasional PGEO. Dengan mengusung tema Energizing Green Future, PGEO menjunjung tinggi tanggung jawab lingkungan dan sosial dengan menerapkan praktik-praktik terbaik dalam pengelolaan proyek-proyek energi panas bumi.

Lewerissa memandang PGEO tidak hanya berfokus pada aspek ekonomi, tetapi juga memperhatikan dampak sosial dan lingkungan dari kegiatan mereka.

“Hal ini tercermin dalam upaya perusahaan untuk melibatkan komunitas lokal, melestarikan lingkungan serta mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam secara bertanggung jawab,” ungkapnya.

Selain berkontribusi terhadap pasokan energi bersih Indonesia, kata dia, PGEO juga turut berperan dalam mengurangi emisi gas rumah kaca.

“Dengan menggantikan sumber energi konvensional, energi panas bumi yang dihasilkan oleh perusahaan ini memiliki dampak positif dalam mengatasi perubahan iklim global,” tandas Lewerissa.

BACA JUGA:  Gubernur Minta Masyarakat Tanimbar Jaga Keamanan dan Kenyamanan Saat Kunjungan Presiden

Untuk diketahui, PGEO adalah sebuah perusahaan energi yang berfokus pada pengembangan, eksplorasi, dan produksi energi panas bumi di Indonesia.

Sebagai bagian dari kelompok usaha PT Pertamina (Persero) melalui Subholding Pertamina New and Renewable Energy (Pertamina NRE), perusahaan ini memiliki peran strategis dalam mendukung diversifikasi sumber energi dan keberlanjutan di negara ini. (*/L02)