Share

LANGGUR, LaskarMaluku.com Pesta demokrasi dianggap berhasil apabila tingkat partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi baik pemilu maupun pilkada semakin meningkat.

Lantaran itu, peran Kepala Ohoi (Kepala Desa-red) dan jajaran sangat penting dalam mensukseskan pemilihan kepala daerah serentak, tanggal 27 November 2024 mendatang.

Penegasan ini disampaikan Penjabat Bupati Maluku Tenggara (Malra) Jasmono, Sabtu (6/7/2024).

Jasmono menegaskan, sinergitas dan dukungan berbagai pihak termasuk para kepala ohoi, sangat diperlukan guna mensukseskan agenda nasional yang digelar secara serentak di seluruh Indonesia itu, termasuk di Kabupaten Maluku Tenggara.

Dirinya mengajak semua kepala Ohoi untuk sama-sama mengawal proses ini sehingga nantinya dapat berjalan dengan aman, sukses, demokratis, jujur, dan adil sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

BACA JUGA:  Ketum Gustu Covid KKT Datangi Warganya di Rumah Lorulun

“Saya harap para kepala ohoi agar dapat membantu dan memfasilitasi, jika ada kekurangan penyelenggara pemilu di lapangan yakni KPU dan Bawaslu, mengingat tahapan pilkada 2024 secara resmi telah diluncurkan,”jelasnya seraya menambahkan, KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara dan pengawas pasti akan membangun komunikasi koordinasi dan kolaborasi dengan bapak dan ibu semua di tingkat Ohoi.

Jasmono meminta untuk agar memfasilitasi mereka, sehingga mereka dapat menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, karena suksesnya pilkada itu juga menjadi tanggung jawab kepala ohoi dan penjabat Kepala Ohoi.

Jasmono harap ada pencerahan kepada masyarakat. “Ajak masyarakat kita yang telah memiliki hak pilih dan hak konstitusionalnya untuk datang di TPS dan menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani masyarakat,” harapnya.

BACA JUGA:  Penerbangan Perdana ke KKT 102 Penumpang Dikarantina

Dirinya meminta semua pihak termasuk para camat dan para kepala ohoi, menjaga stabilitas politik, stabilitas keamanan, dan stabilitas ketertiban di wilayah masing-masing. (L08)