Share

TIAKUR, LaskarMaluku.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Barat Daya (MBD) melakukan Peluncuran Tahapan Pemilihan Kepala Daerah Bupati Dan Wakil Bupati Maluku Barat Daya (MBD) Tahun 2024 Rabu (26/6/2024) di Gedung Serbaguna Tiakur.

Kegiatan ini menandai dimulai proses demokrasi di MBD dengan harapan dapat berjalan lancar, adil, jujur dan dapat menghasilkan pemimpin terbaik untuk daerah Kabupaten Maluku Barat Daya.

Peluncuran tahapan PILKADA ini dimulai dengan memperkenalkan Jingle dan Maskot dan diresmikan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Yoma Naskay dan dihadiri oleh Bupati MBD Benyamin Thomas Noach dan Forkopimda.

Selain itu hadir pula Sekda MBD yang diwakili oleh asisten Bidang Pemerintah Dan Kesejahteraan Rakyat, Pimpinan OPD, ketua dan anggota Bawaslu MBD, unsur TNI POLRI, pimpinan partai politik, tokoh masyarakat, serta masyarakat umum.

BACA JUGA:  Daftar Di Hanura, Vanath Siap Bangun Maluku

Ketua KPU dalam sambutannya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengetahui secara rinci tahapan-tahapan yang akan dilalui dalam proses pemilihan ini.

Yoma mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam setiap tahap, mulai dari pendaftaran hingga pemungutan suara guna memastikan setiap hak demokrasi warga terjamin.

“Saya mengajak seluruh masyarakat MBD mari kita sukseskan dan wujudkan pemilihan kepala daerah pada tanggal 27 november 2024 yang tinggal 153 hari lagi akan terlaksana dengan aman, damai dan bermartabat di bumi MBD,” ujar Yoma.

Sementara itu, dalam pidatonya Bupati MBD, Benyamin Th. Noach, S.T  menegaskan bahwa kedaulatan ada ditangan rakyat, yang mencerminkan prinsip dasar demokrasi.

BACA JUGA:  Komisi III DPRD Malra Dukung Selesaikan Program Jalan Di Empat Lokpri Kei Besar

Dalam sistem demokrasi, rakyat memiliki kekuasaan tertinggi untuk memilih pemimpin mereka dan menentukan arah kebijakan pemerintahan melalui mekanisme pemilihan umum.

“Mari kita laksanakan pemilu dengan baik sesuai asas pemilu yaitu secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,” harap Bupati.

Orang nomor satu di Kabupaten MBD ini menambahkan pentingnya kerja sama dalam menjaga keamanan, ketertiban, dan keberlangsungan pemilihan umum.

Dirinya mengajak seluruh masyarakat untuk bergandengan tangan dalam proses pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, sebagai bagian dari upaya menuju masa depan MBD yang lebih baik.

Acara peluncuran ini juga diwarnai dengan penampilan budaya dan tari-tarian serta pemberian hadiah kepada pencipta jingle dan maskot PILKADA MBD. Selain itu ada juga door prize dengan berbagai hadiah menarik yang penyelenggara bagikan kepada masyarakat yang hadir pada acara tersebut menambah semarak suasana, masyarakat yang hadir tampak antusias dan penuh semangat menandakan kesiapan mereka dalam menyambut pesta demokrasi ini.

BACA JUGA:  Tangani Covid-19, Pemkab KKT Rekrut 50 Relawan Kesehatan

Dengan diluncurkannya tahapan pemilihan kepala daerah ini. Diharapkan seluruh masyarakat MBD turut serta dan berperan aktif dalam mewujudkan pemilihan yang adil, jujur dan demokratis. (L02)