Share

LASKAR – Diakhir masa tugasnya sebagai Uskup Administrator Apostolik Keuskupan Amboina, Mgr.Petrus Canisius Mandagi,MSC mentahbiskan enam imam baru dalam perayaan ekaristi yang berlangsung di Gereja Santo Fransiskus Xaverius Katedral Ambon, Sabtu (29/1/2022).

Keenam Imam baru tersebut yakni, Pastor Marius Sarkol MSC, Pastor Frangky Philipus Kelbulan, Pastor Fransisco Corsan Rahaded, Pastor Yohanis Elia Sugianto, Pastor Yoseph Martinus Masriat dan Pastor Yustinus F.Adriano Lerebulan,MSC.

Uskup Mandagi menyampaikan proviciat dan selamat kepada ke-enam Imam yang baru saja ditahbiskan. Diakuinya, ini merupakan kelompok terakhir yang ditahbiskan sebagai Imam di Gereja Katedral Keuskupan Amboina.

“Jadi, anda sangat bersejarah bagi saya, karena ini merupakan kelompok terakhir yang saya tahbiskan. Anda berkorban, maka pengorbanan anda akan dibalas,”ungkap Uskup Mandagi yang juga menjabat sebagai Uskup Agung Merauke ini.

BACA JUGA:  Mandagi : Bersaing Mencari Kekuasaan Ditengah Pandemi Covid-19

Sementara itu, Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutannya mengatakan, dengan penthabisan ini para Imam merupakan pelaku sejarah dalam gereja, dalam masyarakat juga bagi bangsa dan negara.

“Semoga penthabisan Imam baru ini akan menjadi momentum strategis dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan gereja Katolik pada wilayah Keuskupan Amboina,”harapnya.

Dirinya sangat yakin para Imam yang ditahbiskan saat ini akan memainkan peran-peran penting dalam gereja maupun masyarakat untuk bersinergi dan berinteraksi dengan para pihak dalam membangun peradaban umat dan masyarakat di Maluku.

para imam memberkati ke-enam Imam Baru

Pastor Frangky Philipus Kelbulan mewakili Imam yang baru ditahbiskan dalam sambutannya mengatakan, ini merupakan panggilan Tuhan untuk melayani.

“Dalam panggilan ini kami yakin Tuhan ada bersama-sama dengan kami untuk tetap berkarya dan melayani,”ungkap Pastor Kelbulan sembari menyampaikan terima kasih kepada Bapa Uskup, para Pastor, orang tua, keluarga, sahabat yang selalu memberikan dukungan, topangan doa dan harapan hingga proses penthabisan dihari ini.  

BACA JUGA:  Uskup Mandagi : Jangan Pernah Berkelahi Atas Nama Agama
Imam baru mohon restu orangtua

Anthonius Raharusun,mewakili orangtua para Imam baru mengatakan bahwa, hari ini hari bersejarah baik bagi keenam Imam baru, maupun bagi seluruh umat Katolik di wilayah Keuskupan Amboina.

“Saya menyebutkan hari berserah karena hari ini lewat Tahbisan Suci mereka diangkat dan dijadikan milik Tuhan, Gereja dan Umat. Karena Imamat adalah anugerah Tuhan yang diperuntukan demi pelayanan kepada gereja, umat dan masyarakat,”ungkap Anthonius.

Selama kurang lebih 27 tahun melaksanakan karya penggembalaan di Keuskupan Amboina, Bapa Uskup Mandagi akan melanjutkan karya penggembalaan di Keuskupan Agung Merauke.

Foto bersama Mgr PC.Mandagi, Mgr Inno Ngutra bersama Gubernur Maluku Murad ismail Sekda Sadali Ie dan para imam di wilayah keuskupan Amboina

Dan selama di Keuskupan Amboina, Yang Mulia sudah melahirkan ratusan Imam dan buah-buah rohani yang melimpah di Keuskupan Amboina.

BACA JUGA:  Uskup Seno Ngutra : WKRI Adalah Buah Yang Baik

“Kami harap keenam Imam baru ini tetap setia melayani dengan meneladani Santo Yosep dalam mlaksanakan karya-kaya penggembalaan bagi Tuhan, gereja dan masyarakat,”pintanya,

Pada kesempatan itu juga, Pastor Samuel Maranresi,MSC mewakili MSC Indonesia memberikan pesan singkat untuk Imam yang baru agar jangan lupa diri, jangan lupa tanah asal, karena bisa terjadi kesalahan dan kejatuhan. (L02)