Share
 
LASKAR – Tahun ini Kota Ambon setidaknya mendapat dua anugerah yang patut disyukuri, pertama kenaikan Kodim menjadi tipe A dengan Dandim akan berpangkat Kolonel. Kedua status Polres menjadi Polresta yang Kapolrestanya juga akan berpangkat Komisaris Besar (Kombes).

Hal ini disampaikan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy saat digelarnya pisah sambut Kapolresta bertempat di rumah jabatan Walikota Ambon, Rabu (21/11/19).

Walikota dikesempatan itu sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Mantan Kapolresta P.Ambon dan PP.Lease, AKBP Sutrisno Hadi Santoso atas pengabdian dalam melayani masyarakat selama bertugas di wilayah Pulau Ambon dan PP Lease serta dukungan terhadap Pemkot Ambon.

“Keberhasilan merinstis Polres menjadi Polresta adalah salah satu prestasi AKBP Sutrisno Hadi Santoso yang akan tercatat dalam tinta emas karir beliau,” ungkap Walikota.

BACA JUGA:  Korban Kebakaran Akan Ditempatkan di Pasar Gotong Royong

Rasa Optimis juga disampaikan Walikota terhadap Kapolresta baru, AKBP Leo Simatupang. Pemkot Ambon dikatakannya, akan mendukung penuh seluruh program kerja Polresta.

“Dukungan penuh akan kita berikan kepada Kapolresta dalam melaksanakan program kerjanya,” tegas Walikota.

Walikota menambahkan, diakhir tahun ini Kota Ambon akan menghadapi sejumlah even nasional dan international. 

Tanggal 22 November akan digelar Workshop bagi paduan musik gereja oleh seorang ahli musik dari Afrika Selatan, Tanggal 24 November dilaksanakan doa bersama untuk Indonesia, tanggal 25 sampai 29 November Ambon akan menjadi tuan rumah even nasional Festival Qasidah yang diikuti oleh 1.200 peserta dari seluruh Indonesia, Tanggal 28 sampai 29 November akan dilakukan pertemuan jaringan 40 Kota-Kota Pusaka, ditanggal 28 November juga dilaksanakan konferensi musik Asia Pasifik, Tanggal 3 Desember, Pemkot Ambon akan lakukan sosialisasi dan edukasi kegempaan yang melibatkan seluruh stakeholder.

BACA JUGA:  105 Rumah dan Fasilitas Umum Rusak Akibat Banjir dan Longsor di Ambon

Terakhir tanggal 7 dan 8 Desember salah satu musisi terbaik dunia (saxsafon) asal Amerika akan berkolaborasi dengan band lokal.

Mantan Kapolresta, AKBP Sutrisno Hadi Santoso dalam kesempatan itu menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan yang diberikan Pemkot Ambon saat dirinya menjabat Kapolres selama 23 Bulan. Dirinya mengakui bangga menjadi Kapolres Ambon.

Dijelaskan, awal penugasan hanya satu tujuan yang ingin dicapai. Ambon menjadi Kota yang Aman.
AKBP Sutrisno Hadi Santoso akan mengemban tugas yang baru sebagai Wadansat Brimob Tarakan.

Sementara itu, AKBP Leo Simatupang sampaikan Maluku baginya sudah tidak asing lagi, tercatat ini adalah ketiga kalinya bertugas di Maluku, Tahun 1998 merupakan penugasan pertamanya di wilayah Maluku sebagai kapolsek di Pulau Buru. Tahun 2015 menjadi Kabag Bimkar di Polda Maluku dan terakhir Tahun 2016 kembali menjadi Kapolres Pulau Buru.

BACA JUGA:  Selama Natal dan Tahun Baru Tempat Hiburan di Tanimbar Ditutup

Kapolresta, AKBP Leo Simatupang katakan bahwa dengan status Polres menjadi Polresta maka beban tugas akan semakin berat untuk itu dirinya meminta dukungan penuh Pemkot Ambon.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan, R.Sapulette yang mewakili Pimpinan Perangkat Daerah Kota Ambon sampaikan terima kasih atas dukungan Polres dibawah kepemimpinan AKBP Sutrisno Hadi Santoso.

“Satu ciri yang berkesan adalah kerendahan hati AKBP Sutrisno Hadi Santoso dalam melayani warga kota,” ungkapnya.

Dukungan yang sama juga diharapkan Kadis mewakili pimpinan perangkat daerah kepada Kapolresta yang baru untuk membantu Pemkot Ambon dalam melaksanakan seluruh program-program pembangunan kedepan.(L02)