Share

LASKAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mendistribusikan 368 vial vaksin sinovac ke Rumah Sakit Umum Pemerintah (RSUP) Leimena. Penyerahan vaksin diserahkan langsung oleh Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon A.G Latuheru, Kamis (14/1/2021).

“Hari ini kita serahkan 368 vaksin tahap pertama, nanti 14 hari kedepan baru kami serahkan lagi untuk penyuntikan tahap kedua,” kata Sekkot.

Sekkot menjelaskan, RSUP Leimena merupakan salah satu rumah sakit yang akan dijadikan sebagai lokasi kick off atau penyuntikan vaksin.

“Vaksin yang diterima sebanyak 7.280, termasuk penyuntikan kick off kemudian dilanjutkan penyuntikan kepada sumber daya manusia kesehatan yang diambon tercatat 4.053. Pasti ada pertanyaan apakah bisa semua, nanti tergantung hasil screening besok,” jelas Sekkot.

BACA JUGA:  Pemkot Ambon Buka Pendaftaran CPNS Bagi Penyandang Distabilitas

Untuk Puskesmas, lanjut Sekkot, pihaknya telah mengatur jadwal penyuntikan vaksin yang menggunakan sesi.

“Dipusat pelayanan kesehatan untuk pelaksanaan penyuntikan vaksinasi kita mengatur polanya karena puskesmas ini juga tiap hari melaksanakan pelayanan kepada pasien biasa. Karena itu, kita atur satu hari 19 puskesmas yang tindakan penyuntikannya dua sesi dan ada tiga puskesmas bisa tiga sesi, sedangkan untuk rumah sakit, mereka yang mengatur jadwalnya,” imbuh Sekkot.

Sementara itu, Direktur Utama RSUP, dr.J. Leimena Celestinus Eigya Munthe, mengatakan RSUP telah siap sebagai lokasi vaksinasi.

“Kita sudah siap sebagai fasilitas pelayanan kesehatan sebagai kickoff perdana. Sebab kami sudah persiapkan diri sejak november, bahkan sudah dilaksanakan simulasi. Semoga besok semua pelaksanakan diharapkan lancar,” kata Dirut.

BACA JUGA:  Sebanyak 19.533 Warga Kota Ambon Telah Divaksinasi Covid-19

Satgas Distribusikan Vaksin ke Puskesmas  

Selain ke RSUP Dr. Leimena, Satuan Tugas Gugus Covid-19 Kota Ambon juga mendistribusikan sejumlah Vaksin kebeberapa puskesmas, diantaranya 216 vial vaksin sinovac ke tiga puskesmas di Kota Ambon, dengan rincian 158 vial vaksin ke Puskesmas Rumah Tiga, 29 vial vaksin ke Puskesmas Hative Kecil, dan 29 vial vaksin untuk Puskesmas Tawiri.

Saat penyerahan Sekkot mengatakan, untuk Kota Ambon terdapat 29 pelayanan kesehatan yang siap melaksanakan vaksinasi.

“Kita punya 29 pelayanan kesehatan, yaitu 22 puskesmas, 6 rumah sakit dan satu kantor pelayanan. Hari ini saya mewakili Pak Wali menyerahkan vial vaksin untuk nantinya akan dimanfaatkan untuk vaksinasi besok,” ucap Sekkot.

BACA JUGA:  Vaksinasi Covid-19 saat Ramadhan Tidak Batalkan Puasa

Sementara itu, kepala Puskesmas Rumah Tiga Ongki Norimarna mengatakan Puskesmas Rumah Tiga sudah sangat siap untuk melaksanakan vaksinasi.

“Secara prinsip kami sudah siap untuk pelaksanaan besok. Prosedurnya juga kami sudah siapkan,” akunya.

Dirinya mengakui, untuk Puskesmas poka ada 5 tenaga vaksinator yang sudah dilatih oleh Kementerian Kesehatan RI. (MCAMBON)