Share

LASKAR – Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, mendukung Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kota Ambon, untuk dapat mewujudkan Kota Ambon sebagai Kota Ramah Pemuda. Hal tersebut disampaikan ketika membuka rapat kerja Pengurus DPD KNPI Kota Ambon 2020 – 2023 di Balai Kota, Selasa (16/03/2021).

Dirinya menjelaskan, untuk mewujudkan kota yang ramah pemuda, DPD KNPI perlu menyusun program kerja yang realistis, serta membangun komunikasi dengan pemerintah sebagai mitra strategis KNPI.

“Konsep program jangan terlalu mengawang, tetapi ciptakanlah program realistis yang sinergis, untuk menggali segenap potensi pemuda dalam mewujudkan cita – cita sebagai Kota Ramah Pemuda,” kata Walikota.

BACA JUGA:  Ratusan Buruh Gelar Aksi Damai di DPRD Kota Ambon

Walikota yang juga mantan Ketua DPD KNPI Maluku, menyatakan di dalam konsep Kota Ramah Pemuda, pemuda adalah faktor utama, sebagai sebuah kekuatan yang dapat diarahkan untuk hal yang positif, tetapi juga hal negatif.

“Pemuda memiliki kekuatan yang tersirat didalamnya, jika diarahkan untuk hal baik dapat menjadi kekuatan positif, jika diarahkan untuk hal yang negatif maka akan merusak,”jelasnya.

Untuk itu, dirinya mendorong agar semua anggota dan pengurus KNPI Kota Ambon memiliki obesesi yang menjadi motivasi dalam berorganisasi. Obsesi tersebut dimulai dengan bertanya pada diri sendiri, untuk apa menjadi pengurus atau anggota KNPI.

“Kuncinya adalah obsesi, bukan sekedar hura-hura untuk ikut demo, Itu bagian dari dinamika kepemudaan yang kita alami. Tetapi yang lebih penting Kita harus dapat menjawab pertanyaan untuk apa kita menjadi aktivis pemuda?” ungkapnya.

BACA JUGA:  Menteri Perikanan Tebar 10 Ribu Benih Ikan di Teluk Ambon

Dalam mewujudkan Kota Ramah Pemuda, Walikota juga mendorong pemuda yang terlibat dalam Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP), agar menjadikan wadah organisasi sebagai tempat persemaian, dalam mempersiapkan diri sebagai calon pemimpin masa depan. Oleh sebab itu, pemuda perlu terus belajar dan mengasah kemampuan termasuk menguasai teknologi yang kini telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia.

Rapat Kerja DPD KNPI Kota Ambon diawali dengan prosesi pelantikan kepengurusan DPD KNPI Kota Ambon periode 2020-2023, oleh Ketua DPD KNPI Provinsi Maluku, Subhan Pattimahu. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Rektor Universitas Pattimura, Prof. J Sapteno, Perwakilan Muspida Kota Ambon, serta perwakilan OKP lainnya.

Ketua DPD KNPI Kota Ambon periode 2020-2023, Michael Adam, usai dilantik mengungkapkan bahwa KNPI kota Ambon di bawah kepemimpinannya bertekad mewujudkan Ambon sebagai Kota Ramah Pemuda. Untuk itu dirinya berharap dukungan dari Pemerintah dalam Rapat Kerja penyusunan program yang dilaksanakan. (L02/MCAMBON)