Share

AMBON, LaskarMaluku.com – Sekertaris Kota Ambon Agus Ririmasse di dampingi Kepala BPBD Kota Ambon turun langsung meninjau beberapa titik banjir dan longsor yang terjadi kota Ambon Jumat (5/7/2024)

Adapun beberapa titik banjir yang dikunjungi Sekkot ambon antara lain
Paso transit dan Waiheru

Banjir tersebut terjadi setelah hujan deras disertai Angin kencang mengguyur Kota Ambon.

Ririmasse, mengatakan peninjauan yang ia lakukan berdasarkan arahan dari Penjabat Walikota Ambon, karena cuaca sudah beberapa hari ini cuaca ekstrem yakni hujan deras mengguyur Kota Ambon.

“Cuaca ekstrem yang di mana hujan beberapa hari ini mengguyur kota Ambon, sehingga tadi pagi arahan Bapak penjabat Walikota Ambon kepada saya untuk turun meninjau lokasi dan segera mengambil langkah-langkah penanganannya,” kata Ririmasse kepada wartawan Jumat (5/7/2024).

BACA JUGA:  Dinskes Maluku Siap Back Up Vaksinasi “Door to Door” Bagi Usia 12-17 Tahun di Maluku

Ia mengakui, bahwa untuk rumah warga yang mengalami longsor telah ditangani langsung dan mendapatkan bantuan darurat.

“Tadi beberapa titik saya turun antara lain di Paso, ada rumah yang jika tidak ditangani sekarang maka terjadi longsor sampai ke sungai dan ada juga jalan setapak yang putus. Sehingga tadi saya langsung dengan BPBD maupun dengan Dinas PUPR langsung mengambil langkah-langkah penanganan dengan diturunkan tim untuk membuat perencanaan untuk pelaksanaan bronjong dan talid di situ, Sehingga mencegah jangan sampai korban jiwa dulu baru kita mengambil langkah-langkah,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Ririmasse menghimbau kepada masyarakat untuk waspada. “Saya menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Kota Ambon yang tinggal di bantaran sungai lereng lereng gunung Untuk waspada kepada cuaca ekstrim ini.

BACA JUGA:  Tolak Pemakaman Jenasah Covid-19 Ada Sanksi Hukum

Tak hanya bencana longsor, akibat hujan deras beberapa sungai di Kota Ambon meluap sehingga mengakibatkan banjir di antaranya Desa Waiheru.

“Kita tidak menghendaki sesuatu bencana yang terjadi di kota ini.Oleh karena itu kita berdoa sehingga Tuhan Allah Subhanahu Wa Ta’ala menjaga kota kita ini sehingga terhindar dari bencana Alam.

Pak Pejabat Walikota Ambon,Boy Kaya mempunyai perhatian penuh terkait hal ini, sehingga. saya diperintahkan untuk segera mengambil langkah-langkah penanganan yang serius terkait dengan cuaca.(06)