Share

Walikota Ambon Richard Louhenapessy,SH

LASKAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon lewat Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (DiskominfoSandi) Kota Ambon bekerjasama dengan Telkomsel berhasil mengalirkan jaringan fiber optik di 5 (lima) Negeri di Kecamatan Leitimur Selatan (Letisel) Kota Ambon.

Dengan demikian warga di 5 Negeri tersebut sudah bisa menikmati internet yang baik dan stabil, sama seperti wilayah-wilayah lain di Kota Ambon. Adapun 5  Negeri dimaksud, antara lain: Hukurila, Ema, Kilang, Naku, dan Hatalai.

“Akhir tahun 2020 ini jaringan fiber optik sudah bisa dinikmati oleh warga masyarakat di Kecamatan Leitimur Selatan, kami lewat Kominfo bekerjasama dengan PT. Telkom sudah berhasil mengalirkan jaringan tersebut (fiber optic-red), jaraknya cukup jauh, tapi berkat kerjasama yang baik kita berhasil mewujudkannya. Dan untuk 1 wilayah lain, yaitu Dusun Seri, dalam waktu dekat akan diupayakan jaringan fiber optic terpasang disana,“ kata Walikota Ambon, Richard Louhenapessy saat memberikan keterangan, Minggu (13/12/2020).

BACA JUGA:  HUT RI ke-77 Pemkot Ambon Serahkan SK Pengangkatan 146 ASN

Walikota menambahkan, hingga akhir tahun ini warga di 5 wilayah tersebut sudah bisa berlangganan internet lewat jaringan fiber optik, dan di awal 2021 seluruh wilayah kerja Pemkot Ambon bisa teraliri internet khususnya jaringan fiber optik.

Kepala Dinas KominfoSandi Kota Ambon, Joy Adriaansz 

Di tempat terpisah, Kepala Dinas KominfoSandi Kota Ambon, Joy Adriaansz menjelaskan, semua ini terwujud berkat kerjasama yang baik antara Pemerintah Kota Ambon, PT Telkomsel dan Bakti Grup.

“Beberapa waktu lalu, kami dari Pemerintah Kota Ambon melakukan pertemuan bersama pihak BAKTI Grup. Dan ini merupakan hasil pertemuan yang kami lakukan, respon yang sangat baik dari BAKTI Grup dan PT. Telkom sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk merealisasikannya,” kata Kadis.

BACA JUGA:  Tim SAR Gabungan Temukan Nelayan di Perairan Buru

Dengan demikian, lanjut Kadis, permasalahan terkait tidak tersedia koneksi internet berbasis fiber optic yang selama ini dialami 5 Negeri tersebut sudah dapat diatasi dan kedepan masyarakat dapat menikmati koneksi jaringan yang lebih stabil, sama seperti wilayah lain di Kota Ambon.

“Tak lama lagi, masyarakat Leitimur Selatan sudah bisa menikmati jaringan dengan stabil. kami harapkan warga bisa mulai berlangganan jaringan internet dari PT Telkom, termasuk langganan indihome.“ jelas Kadis Kominfo.

Diharapkan, upaya pemerataan jaringan internet yang dilakukan Pemerintah Kota Ambon dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“2021 nanti sudah tidak ada lagi daerah yang tidak dialiri internet di Kota Ambon, ini juga sebagai komitmen pemerintah dalam mendukung program belajar jarak jauh, sehingga seluruh anak di kota ini bisa belajar menggunakan jaringan internet,” imbuh Kadis. 

BACA JUGA:  Kunjungi Command Center, Kominfo Malteng Ingin Belajar dari Kota Ambon

Kadis menambahkan, untuk membantu meringankan beban pengeluaran masyarakat dalam hal penggunaan koneksi internet, Pemerintah Kota Ambon akan menerapkan layanan wifi station RT/RW pada tiap-tiap Desa, Kelurahan dan Negeri.

“Bekerjasama dengan PT.Telkom, kami akan akan menyediakan layanan wifi station untuk RT/RW, yang nantinya akan dikelola oleh BUMDes, dimana layanan tersebut akan menjangkau hingga kerumah masyarakat dengan layanan internet yang stabil dan cepat namun dengan harga yang lebih terjangkau bagi masyarakat,” tutup Kadis. (MCAMBON)