Share

LASKAR – Merasa memiliki ciri yang hampir sama dengan Kota Ambon, Pemerintah Palestina lewat Menteri Pariwisata Palestina dan juga Walikota Bethlehem mengundang Pemerintah Kota Ambon untuk menjajaki kerjasama dalam Aspek Toleransi sekaligus melakukan kunjungan ke beberapa Kota di Palestina, antara lain Kota Bethlehem dan Kota Ramalah Palestina.

Undangan yang dilayangkan Pemerintah Palestina merupakan upaya tindak lanjut dari kunjungan Ketua Asosiasi Hubungan Masyarakat Palestina yang tidak lain merupakan mantan Walikota Bethlehem, Maher N Canawati dalam rangka menghadiri kegiatan Internasional “My Home”, yang mengaku terpikat dengan kondisi sosial geografis, budaya toleransi serta keramahan masyarakat di Ambon.

Dalam Kunjungan tersebut, Pemerintah Kota Ambon juga mengajak Kota Bethlehem untuk menjalin kerjasama dibidang pendidikan dalam bingkai Sister City, yang mana secara teknis, kerjasama itu akan direalisasikan dalam bentuk pertukaran siswa dari dua kota ini.

BACA JUGA:  Berdayakan Ekonomi Perempuan, Pj. Ketua TP-PKK Panen Sayur Hidroponik di Siwang

Merespon hal tersebut, Walikota Bethlehem, Anthon Salman mengatakan, Pemerintah Kota Bethlehem menyambut baik rencana kerjasama itu, dan dalam waktu dekat akan membicarakan hal tersebut secara serius bersama dengan parlemen dan seluruh pimpinan pemerintahan di Kota Bethlehem.

“Ambon dan Indonesia luar biasa, ini langkah baik dalam hubungan kedua kota, dan saya menyambut baik kerjasama tersebut,” ungkap Anthon.

Menurutnya, Sister City Ambon-Bethlehem akan membawa dampak bukan saja secara politik, tapi juga pendidikan dan budaya.

Sementara itu, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy di depan Walikota Bethlehem mengungkapkan, Kota Ambon mempunyai kesamaan secara spesifik dengan kota Bethlehem, baik dari segi geografis, jumlah penduduk maupun kehidupan sosial.

BACA JUGA:  Koordinasi Lintas OPD Sinergikan Pelaksanaan GERMAS

Walikota menambahkan, Ambon dengan kehidupan sosial yang semakin membaik,dan telah menjadi contoh perdamaian bagi kota-kota di Indonesia.

“Jika kerjasama Sister City ini jalan, banyak manfaat yang di dapat bagi kedua kota,” terang Walikota.

Dijelaskan, setelah kembali ke Ambon, Pemerintah Kota Ambon melalui Sekretaris Kota, akan menyurati secara resmi, Walikota Bethlehem untuk datang ke Ambon guna melakukan penandatangan MoU antar kedua kota.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Ambon, J. Maatita mengungkapkan, hubungan Kota Ambon dan Bethlehem, akan semakin erat, jika ada kerjasama Sister City.  Oleh sebab itu, dirinya menegaskan, akan mendorong Pemerintah Kota Ambon untuk bersama-sama mendudukan format Sister City untuk selanjutnya dilakukan MoU. – M1R