Share

AMBON, LaskarMaluku.com – Keterbatasan anggaran daerah mengakibatkan perbaikan jalan pada kompleks Gereja St Patrisius Gunung Nona di akhir tahun 2023 kemarin, belum sempat dikerjakan.

“Kemarin anggaran tahun 2023 itu terbatas, jalan sudah direvitalisasi tapi belum sampai di gereja. Jadi di tahun 2024 ini dianggarkan untuk diselesaikan, sebab anggarannya sudah ditampung di batang tubuh APBD Dinas PUPR untuk pekerjaan lanjutan,” Demikian dikemukakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Ambon, Ir Melly Latuihamallo, ST. MT. kepada media ini, Rabu (3/3/2024)

Menurutnya, dianggarkannya proyek revitaliasi jalan pada kompleks gereja ST Patrisius Gunung Nona Ambon ini, sesuai yang dijanjikan Pejabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena.

BACA JUGA:  Arus Mudik Meningkat, Tahun 2022 Tidak ada Mudik Gratis

“Jadi Bulan Mei 2024 kita sudah bisa kerjakan, “janji Latuihamallo.

Dirinya mengakui, jika pihak kontraktor atau mitra kepercayaan dalam  mengerjakan sebuah pekerjaan berdasarkan faktor kepercayaan. Artinya, beres sebelum dibayarkan. Namun kondisi yang terjadi di tahun 2023 kemarin, terkendala faktor pendanaan.

Meski demikian, ditahun 2024 ini pagu anggarannya telah tersedia sehingga pada Bulan Mei nanti, proyek lanjutan sudah bisa dilaksanakan.

Kadis mengakui jika dirinya sudah melakukan komunikasi dengan pihak Keuskupan Amboina.

“Terkait dengan proyek lanjutan ini, saya sudah komunikasi dengan pihak Keuskupan, bahwa dananya telah tersedia dan segera dilaksanakan pada Bulan Mei 2024 nanti, “kata Melianus.

Sebelumnya Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena kepada media ini mengaku, kalau proyek revitaliasi jalan menuju gereja Santo Patrisius Gunung Nona Ambon akan dilanjutkan dengan peningkatan hotmix tahap kedua.

BACA JUGA:  Wakapolda Kunjungi Walikota Ambon Bahas Adaptasi Kebiasaan Baru

“Jadi masyarakat sekitar tidak perlu kuatir, tahap pertama kita sudah kerjakan, dan akan dilanjutkan pada tahap kedua, yaitu penebalan aspal pada ruas jalan yang sudah dikerjakan, “ujarnya Wattimena yang digadang-gadang ikut bertarung pada bursa Walikota Ambon Bulan November 2024 nanti.

Sementara Uskup Diosis Amboina, Mgr Seno Ngutra, ketika pemberkatan gereja Stasi Santo Patrisius Gunung Nona Ambon, belum lama ini sempat mengingatkan pemerintah kota Ambon untuk segera menuntaskan pekerjaan yang belum tuntas.

Permintaan Uskup Ngutra ini, karena melihat kondisi di lapangan revitaliasi jalan aspal hotmix hanya sebatas pertigaan jalan naik, atau hanya sebatas pemukiman warga. (L05)