Share
Pertemuan Komisi 1 DPRD Maluku dengan pihak terkait dalam menunjang pelaksanaan Pilkada serentak di 4 kabupaten di Maluku 

LASKAR  –  Pemilihan Kepala Daerah pada empat Kabupaten di Provinsi Maluku tetap berjalan dalam situasi pandemic Covid-19 dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan sesuai dengan amanat PKPU.

Oleh sebab itu, guna membahas peran media dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan berlangsung di Kabupaten seram Bagian Timur, Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Aru dan Kabupaten Maluku Barat Daya, maka Komisi I DPRD Maluku mengundang beberapa mitra terkait seperti lembaga penyiaran publik TVRI Ambon, KPID Maluku, Tekomsel, PLN, pimpinan Partai Politik (Parpol), Bawaslu, KPU provinsi dab KPU empat kabupaten pelaksana Pilkada, Dinkes untuk membahas pentahapan Pilkada dimaksud.

BACA JUGA:  Sepanjang Mei, Pajak Wisatawan Dibebaskan

Ketua Komisi I DPRD Maluku, Amir Rumra mengatakan, dari pertemuan tersebut, komisi memastikan bahwa PLN tetap menyala, Telkom tetap memberikan akses internetnya dengan baik, TVRI juga dan TV Kabel sudah disiapkan sehingga semua pentahapan Pilkada dapat diketahui oleh masyarakat dengan baik.

“Ini penting, mengingat Pilkada ditengah pandemi, maka Komisi I juga memastikan bahwa Dinas Kesehatan harus berkoordinasi dengan semua Tim Gugus Tugas yang ada di empat kabupaten, termasuk mensosialisasikan penggunaan masker dengan baik,”kata Rumra.

Selain itu, komisi meminta Dinkes untuk tetap menginformasikan tentang penyebaran Covid-19 dengan perubahan-perubahan dari waktu ke waktu kepada KPU, sehingga ketika KPU menyusun jadwal kampanye bisa disesuaikan dengan kondisi saat itu misalnya wilayah-wilayah mana yang harus dengan Daring atau wilayah mana yang bisa tatap muka tetapi memperhatikan protokoler kesehatan.

BACA JUGA:  Tingkat Penerimaan SANTUN Mulai Turun

Dan bukan itu saja, komisi juga meminta PLN untuk tidak memadamkan lampu pada daerah pelaksana Pilkada.

“Kita juga memastikan lampu di empat kabupaten itu tidak akan padam dan akan menyala 24 jam. Sama halnya dengan Telkomsel yang wilayah-wilayah yang sudah terakses internet sangat diharapkan untuk tetap memberikan layanannya dengan baik, karena inikan samua hal dibatasi oleh karena itu sangat diharapkan pelayanan dari Telkomsel dan juga PLN,” jelas Rumra.

Selain itu, komisi juga akan bertemu dengan Gugus Tugas Provinsi untuk memastikan kapal sabuk Nusantara yang melayani wilayah yang sangat sulit di MBD dapat melayani dengan baik, dengan menjaga protokoler kesehatan. (L02)

BACA JUGA:  MI Bentak Djarot Sama Saja Melawan Megawati