Share
Gubernur Murad Ismail saat memberikan keterangan pers perkembangan Covid-19 di Maluku, Senin (01/06/2020)
LASKAR – Gubernur Maluku Murad Ismail berencana memberikan perkembangan informasi Covid-19 di Provinsi Maluku berdasarkan data terbaru lantaran penetapan sejumlah kabupaten/kota di Maluku mengalami perubahan.
Hal ini menyusul  akan diterapkan new normal sementara daerah tertentu seperti Maluku Barat Daya kini sudah dalam zona kuning. 
“Data ini akan kami koordinasikan lagi dengan Gugus Tugas Nasional karena Kabupaten MBD sudah masuk zona kuning, sedangkan Buru Selatan sudah menjadi zona hijau,” kata Murad Ismail kepada pers, Senin (01/06/2020) di kantor Gubernur Maluku.
Dalam kesempatan itu, Gubernur Maluku Murad Ismail memberi apresiasi atas bantuan yang diberikan oleh para donatur Jakarta kepada Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Malauku.
“Atas nama pribadi dan rekan-rekan donator dari Jakarta saya menyerahkan bantuan ini kepada Gugus Tugas Provinsi berupa obat sebanyak 1000 dos. masing-masiing dos isinya 24 butir untuk pasien Covid-19 yang masih tanpa gejala atau gejala ringan,” katanya.
Menurut Murad Ismail, perkembangan penyebaran Covid-19 di Provinsi Maluku sampai dengan hari ini pasien  terkonfirmasi sebanyak 223. Sedankan pasien yang sembuh tercatat 36 orang, dan meninggal 8 orang.
“Untuk yang sedang dalam perawatan ada 179 orang. Kabupten/kota zona merah harus berusaha menjadi orange dan kuning menjadi hijau serta yang hijau tetap dipertahankan,” harapnya.
Dikatakan, prioritas dan pertimbangan utama saat ini dalam penerapan new normal adalah ketersediaan fasilitas dan tenaga kesehatan, antara lain laboratorium, raung isolasi, dokter spesialis dan sistim kesehatan lainnya.
Penerapan new normal, kata Murad Ismail, didahului dengan sosialisasi, simulasi dan uji coba pada beberapa kawasan percontohan dengan melibatkan semua pemangku kepentingan, TNI/POLRI, tokoh masyarakat, tokoh agama dan lainnya.
Masih menurutnya, Gugus Tugas Nasional telah merekomendasikan 102 Kabupaten/kota di Indonesia, termasuk 5 Kabupaten/kota di Maluku antara lain Kabupaten MBD, KKT, Kepulauan Aru, Malra, Kota Tual yang bisa menerapkan new normal atau tatanan hidup baru yaitu masyarakat tetap produktif dan aman Covid-19.
“Data ini akan kami koordinasikan lagi dengan Gugus Tugas Nasional karena Kabupaten MBD sudah masuk zona kuning, sedangkan Buru Selatan sudah menjadi zona hijau,” sembari merinci Kota Ambon dan Buru masuk zona merah, zona orange SBB, zona kuning Maluku Tengah, SBT dan MBD. 
Sedangkan masuk zona hijau adalah Kabupaten Kepulauan Aru, KKT, Maluku Tenggara, Kota Tual, dan Buru Selatan.

BACA JUGA:  ASN dan Wartawan di Pemkot Ambon Jalani Rapid Test

“Selanjutnya kami melakukan rapat koordinasi dengan kabupaten/kota tersebut yang intinya adalah mempersiapkan sebaik mungkin penerapan new normal sehingga tidak terjadi peningkatan pasien lagi.


SOAL BLOK MASELA
Dalam kesempatan itu, Gubernur juga mengatakan telah mendatangani dan menyerahkan secara virtual berita acara penyerahan lokasi pembangunan pelabuhan kilang gas alam cair Masela di Pulau Nustual Desa Lermatang, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.
“Kami mempersilahkan pihak SKK Migas dan Inpex untuk berproses lebih lanjut ke thapan pelaksanaan pengadaan tanah sesuai ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Dia berharap proyek strategis nasional ini, segera direalisasikan dan dapat berdampak signifikan terhadap masyarakat sekitar, dan Provinsi Maluku pada umumnya. (L01)