Share
Ketua DPRD Kota Ambon Elly Toisuta menyerahkan plakat kepada Irjen Pol Baharudin Djafar sebagai tanda dinobatkan sebagai warga kehormatan Kota Ambon disaksikan Walikota Ambon Richard Louhenapessy dan Wakil Walikota Syarif Hadler. (dok-humas pemkot)  

LASKAR – Mantan Kapolda Maluku, Irjen Pol Baharudin Djafar dinobatkan sebagai warga kehormatan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

Penobatan sebagai warga kehormatan tersebut digelar dalam rapat paripurna khusus DPRD Kota Ambon, Rabu (25/11/2020) di Gedung DRPD Kota Ambon.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy menyatakan, selama kurang lebih 10 bulan menjabat  sebagai Kapolda Maluku pihaknya berkesempatan bekerjasama dan mengenal dekat sosok Irjen Pol Baharudin Djafar.

“Beliau lebih Maluku dari orang Maluku, karena beliau mengerti betul karakter orang Maluku, paham betul adat istiadat dan tahu cara yang tepat untuk berkomunikasi dengan orang-orang Ambon,” kata Walikota.

BACA JUGA:  Tahun ini Pemkot Ambon Terima Dana Insentif Daerah Rp 11,8 Miliar

Selama menjabat sebagai Kapolda Maluku, Irjen Pol Baharudin Djafar selalu menjaga dan berusaha menjadikan kearifan lokal budaya pela gandong, semangat hidup orang basudara (bersaudara) sebagai modal untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat Maluku.

Menyadari akan hal ini, dapat dipahami jika Latupati Kota Ambon, para camat, lurah dan tokoh masyarakat menyurati dan meminta DPRD dan Pemkot Ambon untuk mengangkat dan menganugerahkan penghargaan sebagai warga kehormatan Kota Ambon.

“Kendati hanya bertugas selama kurang lebih 10 bulan, beliau telah mendharmabaktikan seluruh jiwa raganya untuk masyarakat di Maluku khususnya kota Ambon, ” aku Walikota.

Irjen Pol Drs. Baharudin Djafar memimpin Polda Maluku pada masa pendemi COVID-19, sehingga selain memelihara ketertiban dan keamanan masyarakat, menegakkan hukum,  memberikan perlindungan dan saat bersamaan membantu pemerintah menangani COVID-19.

BACA JUGA:  Buka Jambore Remaja, Pj Walikota Minta Remaja Lebih Kreatif dan Berkualitas

Kepemimpinannya kata Walikota, bersinergi dengan pemerintah untuk mendukung seluruh program pemerintah, khususnya memberikan dorongan, motivasi dan semangat kepada masyarakat untuk memperkuat ketahanan masyarakat, memelihara kesehatan dan menciptakan situasi yang aman dan kondusif,  sebagai implementasi dari program kampung Tangguh yang diprakarsai TNI dan Polri.

Kampung tangguh di Ambon sangat mencerminkan nilai-nilai kearifan lokal daerah yang diimplementasi Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau- Pulau Lease, yang dikenal dengan kampung tangguh sagu (sehat, aman, gotong royong dan unggul).

Sementara itu, Irjen Pol Baharudin Djafar yang kini menjabat sebagai Analis Kebijakan Baharkam Polri mengaku terharu, tersanjung dan bangga dianugerahi sebagai warga kehormatan Kota Ambon.

“Saya mengucapkan terima kasih atas penganugerahan yang diberikan kepada saya. Dan saya juga berterima kasih atas kerjasama yang sangat baik dari berbagai pihak selama saya bertugas sebagai Kapolda Maluku,” aku Irjen Pol Baharudin.

BACA JUGA:  Pattiasina Pertanyakan Transparansi Anggaran Covid-19 di Maluku

Meski kini bertugas di Jakarta, Irjen Pol Baharudin berjanji akan selalu menerima kedatangan masyarakat Ambon untuk sekedar bersilaturahmi dan bertukar pikiran.

“Pintu rumah saya akan selalu terbuka bagi saudara-saudara saya baik orang Ambon yang ada di jakarta maupun yang dari Ambon sendiri untuk bersilaturahmi atau bertukar pikiran dengan saya,” tutupnya. (MCAMBON)