Share
Menkopolhukam, Mendagri dan Rombongan dijemput Gubernur Mauku dan Forkopimda, Kamis (23/07/2020) di Bandara Pattimura 
LASKAR – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Kemanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Kamis (23/07/2020) pagi, pukul 10.45 WIT tiba di Bandara Internasional Pattimura Ambon, Maluku. Rombongan menggunakan pesawat milik TNI-AU dari Bandara Internasional Mozes Kilangin Timika, Papua.
Ikut dalam kunjungan tersebut, Kepala Staf Umum TNI, Letjen TNI Jhoni Sopriyanto, Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Komjen Pol Dr. Gatot Eddy Pramono dan Wakil Ketua I DPD RI, Nono Sampono, beserta rombongan lainnya.
Rombongan menggunakan pesawat Boeing AU 737/A-7305 dengan pilot Mayor Pnb Hakim tiba di Bandara Internasional Pattimura, langsung disambut Gubernur Maluku, Murad Ismail dan Forkopimda Maluku lainnya.
Setelah pesawat parkir di Apron VIP Room Pemda Bandara, rombongan pejabat beristirahat sejenak di ruang utama VIP room Pemda, dan pukul 11.27 WIT, menteri beserta rombongan menuju Rumah Makan Apong Desa Wayame.
Dari rumah makan Apong, rombongan Menko Polhukam, Mendagri menuju Kantor Gubernur Maluku untuk menggelar pertemuan bersama Forkopimda Provinsi Maluku, Kabupaten pelaksana Pilkada, KPU dan Bawaslu.
Dalam pertemuan di kantor Gubernur, Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono meminta Kapolda Maluku Irjen Pol Baharuddin Djafar untuk segera mendeteksi dini potensi kerawanan menjelang pilkada di empat daerah di Maluku yakni Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Maluku Barat Daya dan Kabupaten Kepulauan Aru.
Menurut Wakapolri potensi-potensi kerawanan ini harus diantisipasi oleh jajaran Kepolisian dan TNI.
“Rencana pengamanan diketahi betul potensi konflik yang mungkin akan terjadi, sebab deteksi dini merupakan langkah yang paling penting. Saya minta untuk Kapolda dan jajaran melakukan langkah-langkah proaktif untuk mengantisipasi,”tegas Wakapolri seraya menambahkan, Kapolres yang tidak mampu mengantisipasi potensi-potensi konflik sosial akan saya evaluasi.
Wakapolri juga meminta Kapolda berkoordinasi dengan para bupati tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk membantu meminimalisir agar tidak terjadi konflik sosial. 
Sementara itu, Mendagri Jenderal Polisi (Purn) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A, Ph.D, juga menyinggung kesiapan Pilkada Serentak Tahun 2020 di tengah Pandemi Covid-19.
Kegiatan diakhiri dengan Pengarahan Menkopolhukam Mahfud MD yang menitik beratkan kepada perkembangan situasi politik terkini. 
Mendagri dalam keterangan persnya mengatakan, kedatangannya ke Maluku selain melihat kondisi terkini masalah penanganan Covid 19, juga akan meminta pendapat dari beberapa Kabupaten yang akan melaksanakan pilkada dan juga membahas apa langkah langkah dari Gubernur Maluku dalam mencegah Covid 19 di Provinsi Maluku
Mendagri menambahkan, kedepan Presiden membentuk komite yang baru dimana komite ini untuk menyatukan antara penanganan kesehatan, krisis sosial dan ekonomi keuangan secara sistematis dan lebih terorganisir, dipimpin Menko Ekonomi dan Wakilnya ada tiga menko termasuk Menkopolhukam, Menteri Keuangan dan Menteri Kesehatan dan Ketua Pelaksana yaitu Mentri BUMN dan dua Satgas dipimpin oleh Kepala BNPB Pusat dan Wakil Menteri Keuangan.
Sementara itu Gubernur Maluku, Murad Ismail mengaku empat daerah yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah sudah siap untuk melaksanakan Pilkada serentak 2020 mendatang.
“Kita sudah siap. Kemarin juga kita sudah video tron dengan KPU empat kabupaten ini, dan sudah matang. Sekarang ini tinggal pendaftaran saja, karena masih proses mengambil rekomendasi,” ujarnya.
Selaku kepala daerah Murad mengharapkan dengan kunjungan para pejabat negara ini dapat memberikan perubahan bagi daerah ini. ”Bukan saja harapan saya, tetapi harapan semua masyarakat ketika Menteri datang ke sini mungkin ada perubahan yang signifikan,”harapanya. 
Selepas dari itu, rombongan menuju Swissbel Hotel untuk istirahat. Pada Kamis malam, Menko Polhukam, Mendagri menggelar silaturahmi dengan Forkopimda Maluku, Forkopimda Kota Ambon, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, ormas dan akademisi.
Kemudian, Jumat (24/07) Menko Polhukam, Mendagri menunaikan Shalat Jumat di Masjid Raya Alfatah Ambon. Usai Shalat Jumat, Menko Polhukam dan rombongan menuju Bandara Pattimura untuk kembali ke Jakarta dengan pesawat khusus TNI AU.” Jadi dua hari di Ambon,” kata Sekda Maluku Kasrul Selang. (L02)