Share
Kepala OJK Maluku, Bambang Hermanto
LASKAR – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Maluku mendata sebanyak 79.777 nasabah di daerah ini  mengikuti program Simpel di Provinsi Maluku.
Di Provinsi Maluku terdata 1.270 sekolah setingkat PAUD, TK, SD, SMP dan SMA yang mengikuti program SIMPEL dengan jumlah nasabah  79.777 dan jumlah saldo rekening sebesar Rp 18,80 miliar, kata Kepala OJK Provinsi Maluku, Bambang Hermanto, Rabu.
Sementara di Kota Ambon hingga akhir Januari 2019, program SIMPEL telah diikuti oleh 297 sekolah setingkat PAUD, TK, SD, SMP dan SMA dengan jumlah nasabah sebesar 22.028 dan jumlah saldo rekening sebanyak Rp 4,27 miliar.
“Program tersebut diselenggarakan 11 Bank Penyelenggara yang terdiri dari satu BPR, satu bank syariah (Bank Mandiri Syariah) dan sembilan Bank Umum Konvensional,” katanya.
Ia mengatakan, program SIMPEL di Provinsi Maluku terbentuk sejak 14 Juli 2015 guna meningkatkan “awareness” masyarakat dan komitmen pelajar untuk memiliki budaya menabung sejak dini.
Program simpel, merupakan program edukasi keuangan yang dilaksanakan oleh bank sehingga mungkin tidak akan sama dengan program simpanan komersil lainnya.
“Melalui program ini diharapkan kebiasaan menabung akan membuat anak belajar untuk mengendalikan sifat konsumtif dan belajar mendahulukan kebutuhan daripada keinginan,” ujarnya.
Dijelaskan, mendukung program simpel akan dilaksanaka kegiatan Simpel Day 2019 secara serentak pada tanggal 2 Mei 2019 bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional.
“Upaya ini sebagai momentum agar pelajar dan seluruh pihak terkait memiliki komitmen lebih dalam mendorong budaya menabung sejak dini dan mendukung implementasi program simpel atau simpel IB,” ujarnya.
Bambang menjelaskan, kegiatan Simpel Day 2019 di Kota Ambon  dengan tiga kegiatan besar yakni gerakan menabung Rp 5.000  per Minggu yang akan diawali dengan kegiatan menabung serentak di Kota Ambon tanggal 30 April 2019 di setiap sekolah.
Hasil kegiatan tersebut akan dilaporkan pada kegiatan upacara tanggal 2 Mei 2019 sebagai hari Pencanangan Pelajar Menabung di Kota Ambon.
Selain itu juga akan dilakukan deklarasi “Aku Pelajar dan Aku Generasi Simpel” oleh pelajar berprestasi di Kota Ambon, serta Launching Gerakan Pelajar Menabung di Kota Ambon oleh Walikota Ambon. (L02)