Share

AMBON, LaskarMaluku.com – Untuk membangun dan memperkuat sinergitas kebijakan Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam usaha pengelolaan energi terbarukan, yang berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi, serta memperkuat tata kelola data ekonomi yang valid, terpadu dan dapat diakses oleh para pemangku kepentingan, maka Pemerintah Provinsi Maluku melalui Biro Perekonomian, menggelar Rapat Koordinasi Energi Terbarukan serta Launching Aplikasi “Data Terintegrasi Pengembangan Ekonomi” (TAGEPE), yang berpusat di Hotel Golden Palace Ambon, pada Senin (17/7/2023).

Rapat tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Maluku Ir. Sadali IE, M.Si, IPU, yang dihadiri oleh Kepala Biro Perekonomian Setda Maluku Onesimus Soumeru, Pimpinan OPD terkait lingkup Pemerintah Provinsi Maluku dan Kabupaten Kota, para narasumber, beserta unsur lainnya.

BACA JUGA:  Tethol Akui Rumah Pengering Kopra Untungkan Petani

Sekda, atas nama Pemerintah Daerah memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan ini, sebagai bentuk sinergitas antara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota, dalam mewujudkan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan serta berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat di Provinsi ini.

“Apa yang dilakukan oleh Biro Perekonomian ini berdasarkan pada Surat Edaran Gubernur Maluku Nomor 40-087 Tahun 2021, yang isinya setiap OPD minimal punya 1 inovasi.” Ujarnya

Untuk itu dirinya juga mengajak, OPD Provinsi maupun Kabupaten Kota, agar dapat memanfaatkan aplikasi TAGEPE, sebagai suatu sistem pengelolaan data yang terpadu dan dapat memenuhi kaidah tata kelola data ekonomi yang lengkap, valid, terukur dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Untuk itu kedepan perumusan kebijakan ekonomi daerah akan berbasis pada data, dan akan menjadi sumber perencaan program untuk meningkatkan ekonomi yang bermuara pada penurunan angka kemiskinan.” Tutupnya. (L05/Diskominfo Maluku)