Share

Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon, SH,MH saat melaunching penyaluran bantuan sosial beras untuk KPM PKH di Halaman kantor Kecamatan Tanimbar, Rabu (14/10/2020). (dok-humas)

LASKAR – Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon, SH, MH. melaunching penyaluran Bantuan Sosial Beras (BSB) untuk Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH), di halaman Kantor Kecamatan Tanimbar Selatan, Rabu (14/10/2020). 

Dalam rilis Humas Setda Kabupaten Kepulauan Tanimbar menyebutkan, acara tersebut dihadiri Pimpinan SKPD terkait, Kepala Bulog Saumlaki, Pimpinan BUMD PT. Logistik Bhandar Gara Reksa, Koordinator serta para Pendamping PKH di Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan perwakilan penerima dari desa-desa terdekat.

Penyaluran Bantuan Sosial Beras (BSB) merupakan perluasan kebijakan dalam rangka penanganan dampak pandemi Covid-19 melalui pelaksanaan jaring pengamanan sosial, Kementerian Sosial RI berupa bantuan sosial beras bagi KPM PKH di Kabupaten Kepulauan Tanimbar. 

BACA JUGA:  Tak Paham Aturan, Pencopotan Kadis PUPR Maluku Upaya Penjegalan

Bantuan Sosial Beras bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran KPM PKH melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan beras selama pandemic Covid-19. 

Dengan pertimbangan dalam keluarga PKH terdapat anak lanjut usia dan penyandang disabilitas yang perlu perlindungan dan pemenuhan nutrisi .

Penyerahan bantuan beras secara simbolis

Bantuan diberikan kepada 7.690 KPM PKH yang tersebar di desa/kelurahan se-Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Penyaluran bantuan tersebut merupakan hasil kerjasama Kementerian Sosial RI dengan Perum Bulog Saumlaki, sebagai penyedia beras. 

Stok beras yang disediakan oleh Perum Bulog Saumlaki sebanyak 346 ton dengan masing-masing KPM PKH mendapat 1 Karung Beras dengan berat 15 kg dan PT. Logistik Bhandar Gara Reksa sebagai selaku pihak ketiga penyaluran bantuan sosial yang ditetapkan Kementerian Sosial RI kepada KPM PKH yang tersebar di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

BACA JUGA:  4 Pesan Gubernur di Malam Puncak Acara Reuni Akbar SMPN 3 Ambon

Bupati menghimbau agar masyarakat turut berpartisipasi dan mengawal penyaluran Bantuan Sosial Beras (BSB) ini agar tepat sasaran dan dipergunakan sebagaimana mestinya. 

Menurutnya ditengah pandemi Covid-19, Pemerintah tetap memberikan perhatian kepada masyarakat melalui penyaluran bantuan-bantuan salah satunya BSB ini. 

Masyarakat diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, diantaranya: memakai masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dan pola hidup bersih dan sehat sehingga bersama-sama memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kabupaten Kepulauan Tanimbar. 

Bupati juga menyampaikan ucapan terimakasih atas kerjasama yang baik PT. Perum Bulog Saumlaki sebagai penyedia dan BUMD Logsistik Bhandar Gara Reksa sebagai transpoter yang akan menyalurkan bantuan hingga ke desa-desa. Terakhir beliau berpesan kepada masyarakat, terutama para KPM PKH agar selalu mensyukuri setiap bantuan yang diberikan dan dalam kondisi sulit.  (L03)