Share

Penandatangan Berita Acara Pelantikan, Direktur PDAM dan Tanimbar Energi Abadi aupun tanimba Energi Mandiri, Kamis (15/10/2020) (dok-humas)

LASKAR – Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon, SH, MH mengambil sumpah/janji dan melantik Kepengurusan BUMD di Lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang berlangsung di Gedung Pendopo Kediaman Bupati Kepulauan Tanimbar, Kamis (15/20/2020).

Pengambilan sumpah/janji dan pelantikan dilaksanakan bagi 2 anak perusahan BUMD PT. Tanimbar Energi yaitu PT. Tanimbar Energi Mandiri dan PT. Tanimbar Energi Abadi serta Direktur Utama BUMD PDAM Kabupaten Kepulauan Tanimbar. 

Drs. Roni Okto The dilantik sebagai Direktur Utama PDAM Kabupaten Kepulauan Tanimbar berdasarkan SK Bupati Kepulauan Tanimbar, Nomor: 810-454-Tahun 2020, tanggal 14 Oktober 2020 tentang Pengangkatan Anggota Direksi PDAM Kabupaten Kepulauan Tanimbar, periode tahun 2020-2024.

Sementara kepengurusan PT. Tanimbar Energi Abadi dan PT. Tanimbar Energi Mandiri ditetapkan berdasarkan Berita Acara Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPLB) PT. Tanimbar Energi, Nomor 01, Tanggal 1 Oktober 2020 yang terdiri dari:

A. Dewan Komisaris dan Direksi PT. Tanimbar Energi Abadi (TEA):

1. Komisaris Utama: Pius Manunwembun

2. Komisaris: Liborius Fatlolon, S.Sos, MH

3. Komisaris: Ariston Duarmas, S.Kom

4. Direktur Utama: Simson Loblobly, S.Sos

5. Direktur Operasional: Valens Batilmurik

6. Direktur Keuangan: Drs. Johosua Metanfanuan

7. Manajer Operasional: Raimondus Malindar, SH

8. Manajer Keuangan: Rofina Kelitadan, Amd

BACA JUGA:  Pasien Positif Covid-19 Bertambah Satu dari Buru

9. Manajer Umum: Obet Natan Teftutul, SE

10. Accounting: Stenly Likumahwua, S.Si

B. Dewan Komisaris dan Direksi PT. Tanimbar Energi Mandiri (TEM)

1. Komisaris Utama: Tn. Moses Kelbulan

2. Komisaris: Forner Christofol Sanamase, S.Pd

3. Komisaris: Johanis Karel Sainyakit

4. Direktur Utama : Natanael Kewilaa

5. Direktur Operasional: Josafat Thera Matruty

6. Direktur Pemasaran: Ir. Venantius Batlayeri, M.Si

7. Direktur Keuangan: Yosentus Olsuin, SE, MM

8. Manajer Operasional: Engelbertus Fatlolon, ST, MT

9. Manajer Pemasaran: Yacob Lamere, SH

10. Manajer Keuangan: Ongen H Layan, SE

11. Manajer Umum: Friska Fordatkosu, S.Pd

Benahi Managemen PDAM

Bupati Fatlolon, dalam sambutannya usai pengambilan sumpah dan janji meminta Direktur Utama PAM membenahi managemen PDAM. 

Apalagi saat ini Tanimbar berada pada Bulan-bulan dimana curah hujan sangat kurang, dan masyarakat membutuhkan pelayanan air bersih. 

Oleh sebab itu, Bupati meminta kepada Direktur Utama yang baru agar membenahi managemen PDAM. 

Dikatakan, saat ini pemerintah menganggarkan dana yang cukup besar untuk menyiapkan intalasi air dengan kapasitas yang cukup. Pipa-pipa dalam ukuran besar saat ini sudah mulai dikerjakan. 

“Saya berharap agar Pak Direktur Utama yang baru bisa melakukan perubahan pelayanan air bersih di Kota Saumlaki, Kota Larat, Adaut, Sera dan tempat-tempat lain agar ditingkatkan,”harapnya seraya meminta agar PDAM kedepan bisa dikelola secara baik sehingga memberikan kontribusi bagi daerah.

BACA JUGA:  Aktivitas Kantor Gubernur Maluku Dihentikan, 32 ASN Positif Covid-19

TE dan 2 Anak Perusahaan

Sementara itu, Bupati Fatlolon menjelaskan terkait Tanimbar Energi (TE) adalah sebuah Badan Usaha Milik Daerah yang dibentuk khusus untuk mensupport pelaksanaan operasional Blok Masela. 

Di Pemerintah Provinsi Maluku Bapak Gubernur membentuk Maluku Energi dan di sini Tanimbar Energi. 

Tanimbar Energi kata Bupati membawahi dua anak perusahan yang pertama Tanimbar Energi Abadi (TEA) dan Tanimbar Energi Mandiri (TEM). 

TEA Berkaitan Dengan PI

Khusus untuk Tanimbar Energi Abadi, orang nomor satu di Bumi Duan Lolat ini mengatakan, tugas-tugas kedepan akan berkaitan dengan participating interest (PI). 

Oleh karena itu dirinya meminta kepada Direktur Utama, Simson Loblobly, S.Sos untuk segera melakukan komunikasi dengan Pemerintah Provinsi Maluku, SKK Migas juga Kementrian ESDM dalam rangka memastikan Kabupaten Kepulauan Tanimabar mendapat porsi PI lebih dari kabupaten-kabupaten yang lain.

“Saya percaya Bapak Direktur Utama mempunyai kemampuan lobi yang cukup untuk bisa memastikan agar kita mendapat porsi PI yang lebih,”ungkap Fatlolon seraya menambahkan, Keputusan Tanimbar Energi Abadi dan Tanimabar Energi Mandiri dibawa Payung Tanimbar Energi akan menentukan masa depan anak cucu kita kedepan. Karena itu selalu berkonsultasi minta petunjuk dari mereka- mereka yang sudah berpengalaman agar keputusan kita tidak sampai keliru dan tidak merugikan daerah untuk jangka panjang. 

TEM Siapkan SDM Lokal

BACA JUGA:  Gubernur Maluku Sampaikan KUA PPAS Perubahan APBD 2020 Secara Virtual

Selanjutnya untuk Tanimbar Energi Mandiri (TEM) yang dipimpin oleh Direktur Utama Bapak Natanael Kewilaa dan teman-teman direksi dan komisaris, Bupati Fatlolon menjelaskan tugas utama dari TEM ini adalah bagaimana memberdayakan semua potensi daerah yang ada untuk bisa bekerja sama dengan baik.

Menurut Fatlolon, bekerja sama dengan pihak Inpex, kontraktor-kontraktor besar lainya yang akan beroperasi di Blok Masela.

“Saya berharap para direksi maupun komisaris pada Tanimbar Energi Mandiri bisa memberikan kontribusi nyata kepada daerah ini. SDM segera disiapkan sesuai dengan pesan Bapak Presiden, pada Bulan oktober tahun 2019 yang lalu kepada saya dan Bapak Gubernur, sehingga masyarakat Tanimbar tidak menjadi penonton di rumahnya sendiri,”kata Fatlolon.

Dirinya meminta TEM mempersiapkan SDM dari sekarang sesuai dengan bidang-bidang yang dibutuhkan, juga termasuk tenaga security, tenaga teknis maupun tenaga di bidang migas.

Fatlolon optimis Tanimbar Energi (TE) dengan dua anak perusahaan TEA dan TEM akan bersinergi dan menjadi tim yang solid dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat Tanimbar

Setelah pelantikan dilanjutkan dengan Serah Terima Jabatan Direktur Utama PDAM Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang sebelumnya dijabat oleh Ucok P. Hutajulu, ST sebagai Plt. Direktur Utama.

Hadir dalam acara tersebut para Staf Ahli Bupati, Asisten, Pimpinan SKPD, Plt. Dirut BUMD PDAM dan Direksi BUMD PT. Tanimbar Energi.  (L03)