Share

AMBON,Laskar Maluku.com – Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) melaui Dinas Lingkungan Hidup, menggelar aksi Bakti Sosial (Baksos), dalam rangka memperingati hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Aksi bersih-bersih lingkungan yang berlangsung Rabu (5/6/2024) tersebut melibatkan seluruh OPD terkait yang di mulai dari Kota Piru hingga ke Desa-desa.

Kadis Lingkungan hidup, Paulus Pical mengatakan, aksi bersih-bersih lingkungan tersebut merupakan agenda Tahunan bagi yang dimana saat memasuki HUT Lingkungan Hidup Sedunia.

“Hari ini, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) melaksanakan suatu kegiatan tiap tahunan, yaitu pada tanggal 5 Juni 2024 dan kali ini terkait dengan hari peringatan hari ulang tahun lingkungan sedunia,” kata Paulus kepada media ini saat di wawancarai Rabu (5/5/2024)

BACA JUGA:  Pemda KKT Surati Gubernur Minta Batalkan Ijin Nelayan Andon di Seira

Kebersihan kata Paulus, sudah menjadi tradisi dan juga melekat pada dinas lingkungan hidup. Untuk itu, sudah pasti kamis akan terus memberikan kenyaman lingkungan terhadap masyarakat.

“Hal inikan masih melekat dengan Dinas Lingkungan hidup, maka kita menyiapkan sarana pendukung Yakni Mobil Truk, lalu kita angkut buang di TPA,” ujarnya.

Adapun aksi kami juga hari ini turut di apresia oleh Pemerintah Daerah (Pemda), dalam hal ini Penjabat Bupati SBB.

“Pak bupati Mendorong cepat dan bikin kegiatan-kegiatan untuk menyongsong hari ulang tahun lingkungan sedunia. Dan di desa-desa kita telah surati minta supaya lingkungan desa juga dibersihkan oleh masyarakat,” bebernya.

Tidak hanya pihak Dinas lingkungan hidup, aksi ini juga turut di lakukan oleh Makodim 1513 SBB.
“Selain itu juga dari pihak instansi -instansi lain juga melaksanakan kebersihan, dilanjutkan pada hari ini dengan penanaman mangga di lingkungan makodim 1513 Seram Bagian Barat(SBB),” ungkapnya.

BACA JUGA:  Bupati Fatlolon Harap Blok Masela Ada Kolaborasi KESDM, SKK Migas dan Inpex Masela

Selain mebersihkan lingkungan, kami juga akan melakukan penanam kurang lebih ratusan pohon seperti anakan Mangga, Mahoni dan juga Manggrove.

“Ada 50 anakan Mangga, tapi akan ditambah lagi, karena kita bertahap sesuai dengan lingkungan. Bukan tanam disini saja tapi di tempat lain juga ketersediaan saat ini ada 100 jadi bukan mangga saja tapi ada Mahoni kurang lebih 200 jadi ada 300 yang kita akan tanam di pinggir- pinggir jalan dan ada yang mati kita akan gantikan juga,” jelasnya.

Menurutnya , hal ini akan menjadi tanda bawah tahun 2024 ini, Kabupeten SBB tetap antusias dan terus menjadi mitra yang akan memperpaiki SBB kedepannya.

BACA JUGA:  Uskup Mandagi Resmikan 2 Gedung Gereja di Wilayah Tanimbar

“Nah ini menjadi tanda bahwa 2024 ini kita dari Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) mengambil bagian dalam aksi memperingati hari ulang tahun lingkungan dengan menggerakkan melakukan beberapa kegiatan yaitu kebersihan lingkungan, kebersihan pantai ,kebersihan pasar dan jalan-jalan umum,” tandasnya.

Selain itu,Dandim 1513, Letkol INF. Rudolf Glen Paulus , sangat mengaparesiasi Kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Seram Bagian Barat
dibawah kepemimpinan Pj Bupati Seram Bagian Barat,DR .Achmad Jais Ely dan Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Seram Bagian Barat, Paulus Pical(06)