Share

Tual, LaskarMaluku.com – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Maluku Agoes Soenanto, S.H, M.H bersama Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini  (IAD) Wilayah Maluku Ny. Debie Agoes melakukan peresmikan Gedung Penunjang Kantor Kejaksaan Negeri Tual, Senin, (22/1/2024) siang.

Peresmian gedung penunjang sekaligus Kantor IAD Kota Tual itu ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Kajati Maluku dan Ketua IAD Wilayah Maluku yang turut disaksikan langsung Pemerintah Daerah bersama  jajaran Forkopimda Kota Tual.

Penjabat (Pj) Walikota Tual Hi. A. Yani Renuat, S.Sos, M. Si, M.H dalam sambutannya mengatakan peresmian Gedung Penunjang Kantor Kejaksaan Negeri Tual pada saat itu merupakan salah satu upaya memaksimalkan dan memajukan infrastruktur di daerah ini.

“Saya berharap dengan adanya Gedung Penunjang ini dapat membantu kerja-kerja bapak Kejari dan seluruh jajarannya dalam layanan publik dibidang Penegakan Hukum” kata Renuat.

Dalam hubungannya dengan pelayanan itulah, maka Pemerintah Kota Tual membangun hubungan yang terus terjalin harmonis dengan Kejaksaan Negeri Tual guna mencari formula terbaik dalam menata, mendampingi dan dan mengawal program pembangunan di daerah ini terlaksana sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dijelaskan, bantuan yang diberikan Pemerintah Kota Tual kepada Kejaksaan Negeri berupa pemberian bantuan Gedung dan sarana pemukiman rumah dinas bagi Kejaksaan Negeri Tual antara lain ditahun 2022 sebesar Rp.450.000.000 untuk rumah dinas kejaksaan.

BACA JUGA:  Jadi Tamu Kehormatan, Benhur Watubun Letakan Batu Pertama Pembangunan SMK Kasih Theresia Bombai

“Pembangunan gedung Kantor Kejaksaan sebesar Rp.2.690.986.300 dan kemudian ditahun 2024 kami lanjutkan pemberian bantuan senilai Rp.2.733.000.000 sehingga total bantuan Pemerintah Daerah untuk pembangunan ini senilai Rp.6.308.986.300” urainya.

Diharapkan dengan pembangunan itu dapat mendorong spirit kinerja Kejaksaan yang bukan cuma saja menuntaskan berbagai permasalahan kasus yang mengemuka ditingkat proses hukum tetapi juga mampu menekan angka kejahatan dalam proses pembinaan kejaksaan.

Tugas dan fungsi kejaksaan besar harapan kami dan juga masyarakat, tidak sekedar melakukan proses penyelesaian kasus tetapi melakukan tugas pembinaan yang lebih optimal untuk mencegah terjadinya kejahatan. Baik itu kejahatan umum maupun hal yang berkaitan dengan tindak pidana korupsi.

“Ini harapan besar kami atas bantuan yang telah diberikan” tuturnya.

Atas nama Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat Kota Tual kami mengucapkan selamat kepada bapak Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku dan bapak Kepala Kejaksaan Negeri Tual dan jajaran atas peresmian Gedung Penunjang Kantor Kejaksaan Negeri Tual yang insyaallah berdampak pada suasana kerja yang lebih aman dan nyaman.

Saya kira bahwa kalau kita cermati dinamika perkembangan sampai saat ini baik melalui sorotan media maupun daya-daya kritis masyarakat yang berkembang memang angka kejahatan cenderung bukan cuma dalam trendnya dia menurun tetapi juga naik.

BACA JUGA:  Keluhkan Penindasan oleh Pihak Polisi, Supir Trayek Pulau Buru Datangi DPRD

Akan tetapi di Kota Tual, kami bekerja secara sinergis terintegrasi dengan seluruh jajaran Forkopimda terutama juga pak Kejari yang sangat mendukung untuk menekan angka kejahatan dan kerjasama dalam bentuk untuk menekan mencegah terjadinya Tidak Pidana Korupsi di lingkungan Pemerintah Daerah kami menyatakan Kejaksaan Negeri Tual untuk melakukan pendampingan terhadap paket-paket proyek yang ada di lingkungan Pemerintah Daerah.

Besar harapan kami pada tahun 2024 para Jaksa di Kota Tual juga akan tetap mendampingi dengan baik seperti tahun-tahun kemarin kita kerjasama. Ini yang membuat sehingga tuntutan kerjasama ini kita respon secara baik.

Demikian yang dapat kami sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini dan akhirnya dengan memohon petunjuk dan ridho Tuhan yang maha pengasih dan penyayang pada hari ini Senin tanggal 22 Januari 2024 Gedung Penunjang Kantor Kejaksaan Negeri Tual saya nyatakan diresmikan penggunaannya dan diserahkan kepada Kepala Kejaksaan Negeri Tual

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Maluku Agoes Soenanto, S.H, M.H dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Penjabat Walikota Tual dan Kepala Kejaksaan Negeri Tual berserta seluruh jajarannya yang telah diberikan sambutan dan menyambut kita dengan baik dan tentunya ini hal yang sangat membanggakan bagi kita semua

Perlu pak Penjabat Walikota ketahui di Kejati Maluku ada bidang baru pak, Aspin. Aspin itu bukan Asisten Bidang Pembinaan pak, Asisten Bidang Intelijen 

BACA JUGA:  Tanpa Melalui Paripurna, 2 Pimpinan DPRD Kepulauan Tanimbar Bersama Pj Bupati dan Irjen Sanggupi Bayar HP3

Tadi apa yang disampaikan Pj. Walikota bahwa kerjasama antara Kejaksaan dan Pemerintah Kota Madia Tual sangat baik sehingga tentunya ini dan juga terima kasih atas bantuan pak Pj. Walikota beserta jajarannya yang telah membatu kita dalam membangun Gedung Intelijen dan Pidsus juga nantinya akan membangun juga disebelah kiri saya ini mungkin gedung juga 1 unit gedung di bulan Maret nanti dengan bantuan dari pak Walikota Kota madya tual.

Tentunya diharapkan kinerja rekan-rekan di Kejaksaan Negeri Tual lebih bagus lebih nyaman aman dan yang lebih penting lagi bisa keluar ide-ide yang cemerlang 

Tentunya kedepannya bisa membuat kejaksaan negeri tual dibawah pimpinan pak Sigit Waseso lebih baik lagi dari yang saat ini

Semoga dengan gedung baru, mungkin ada wajah baru, mungkin ada Jaksa baru juga dan tentunya ada pegawai baru bisa membuat wajah Kejaksaan Negeri Tual berbeda tentunya dibawah pimpinan pak Sigit Waseso yang baik hati dan tidak sombong 

Kami harapkan pembangunan gedung ini dapat meningkatkan kinerja pegawai Kejaksaan Negeri Tual terutama dalam pelayanan penegakan hukum di wilayah hukum kota tual dan kabupaten Maluku Tenggara. (L08)