Share
LASKAR AMBON – Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin mengapresiasi pemerintah Provinsi Maluku yang telah memberikan kontribusi terhadap pelaksanaan kegiatan Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) Ke-II 2016, di Liang Pulau Ambon, Kabupaten Maluku Tengah.

“Saya menyampaikan rasa syukur bahwa PPMN Ke-II ini bisa terlaksana karena berbagai pihak telah memberikan sumbangsih dan kontribusi, utamanya pemerintah Provinsi Maluku. Bapak Gubernur telah memberikan kontribusi memfasilitasi, sehingga kegiatan bisa terlaksana dengan baik,” kata Menteri usai pada pembukaan kegiatan, belum lama ini.

Menurut Menteri, meskipun baru pertama kali perkemahan secara nasional dilakukan di pantai, namun tentu ada beberapa kali sebelumnya perkemahan dilakukan di pantai tetapi tidak dalam tingkat nasional.
“Kegiatan ini dilakukan di pantai bermaksud agar anggota pramuka dalam hal ini adik-adik dan kakak-kakak pramuka serta masyarakat luas pada umumnya, tidak mempersepsikannya hanya dilakukan di gunung-gunung atau di hutan-hutan tetapi di pantai atau di lautan juga bagian dari alam untuk kita semua wajib menjaga dan memeliharanya,” katanya.

BACA JUGA:  Pemkot Terima Bantuan 6 Bak Sampah dari KPP Ambon

Menteri menuturkan, Kementerian Agama mengadakan kegiatan perkemahan pramuka tingkat Nasional tidak hanya pada lingkup Madrasah saja, karena beberapa waktu lalu, pihaknya juga mengadakan perkemahan pramuka tingkat nasional untuk para mahasiswa.

“Perkemahan wirakarya beberapa waktu lalu diadakan di Kendari, Sulawesi Tenggara, dan beberapa waktu sebelumnya juga perkemahan Nasional untuk kalangan Santri,” ungkapnya.

Di lingkungan Kementerian Agama, lanjutnya mengadakan perkemahan pramuka tingkat Nasional beragam, itu merupakan kegiatan rutin dan reguler diadakan, karena disadari bahwa pramuka sebagai sebuah gerakan yang senantiasa terus dikembangkan karena memiliki dampak yang sangat positif dalam upaya membentuk karakter dan keterampilan pengembangan wawasan bagi genersi muda.

“Generasi muda tentu pada saatnya nanti akan ikut mengendalikan dan menjalankan bangsa dan negara ini dengan baik,” ujarnya.
“Karena itu pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan terimakasih kepada seluruh jajaran pemerintah Provinsi Maluku dan tidak kalah penting bantuan dari Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka yang selalu memberikan panduan dalam upaya meningkatkan kualitas penyelenggaraan perkemahan ini.
Perkemahan ini, kata Menteri, akan berakhir pada 28 Mei 2016, dan pihaknya sedang berupayan agar penutupan dilakukan oleh kementerian terkait dalam hal ini Kementerian Bidang Kemaritiman, karena kegiatan ini diadakan di pantai.

BACA JUGA:  Presiden Joko Widodo Tiba di Kota Ambon

“Saya mendapat kabar dari Pak Gubernur Maluku, bahwa sudah melakukan koordinasi dengan Menko Bidang Kemaritiman. Mudah-mudahan Pak Rizal Ramli meluangkan waktu dan kesempatan untuk bisa menutup Perkemahan Nasional Madrasah Ke-II ini,” harap Menteri. (LL)