Share

LASKAR – Bupati Buru Selatan, Safitri Malik Soulisa secara resmi membuka kegiatan Youth Camp dengan Tagline Sinergi of Harmony yang di selenggarakan DPD KNPI Maluku dan DPD KNPI Buru Selatan di Pantai Waemsoba Kota Namrole Kabupaten Buru Selatan, dari tanggal 27-28 Oktober 2022.

Kegiatan ini diikuti sekitar 150-an peserta dari 11 kabupaten/kota yang ada di Maluku.

Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) menyambut baik serta memberikan apresiasi atas kegiatan yang dilakukan oleh DPD  KNPI Maluku dan DPD KNPI Buru Selatan.

Youth Camp ini digelar dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 94, dimana pembukaan Youth Camp ini diawali defile peserta.

Bupati dalam sambutannya mengakui, kompleksitas masalah kerap kali dirasakan dalam membangun Kabupaten Buru Selatan.

BACA JUGA:  Jaga Soliditas dan Silaturahmi, Forkopimda MBD Buka Puasa Bersama

“Apalagi saya selaku seorang wanita yang kita sendiri tahu bahwa penerimaan masyarakat di Maluku masih dalam kategori stigma budaya patriarki yang membelenggu segala elemen termasuk perpolitikan dan pemerintahan,”ungkapnya saat pembukaan Youth Camp  di halaman Kantor Bupati Buru Selatan, Kamis (27/10/2022).

Bupati perempuan pertama di Maluku ini menyadari, keberadaan pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Buru Selatan membutuhkan curahan hati segala stakeholder.

“Saya tidak bisa berdiri membangun serta mensejahterakan daerah ini dengan dua tangan untuk merobohkan tirani kemiskinan dan kesenjangan sosial. Dua kaki tidak mampu untuk menapaki curamnya pemikiran destruktif yang berfikir kamu siapa, saya siapa. Dan juga dua telinga tidak cukup untuk mendengar jeritan rakyat. Saya meyakini keintiman peradaban budaya serta semangat Kai Wait Wali Dawe menjadi modal sosial kemajuan daerah ini,”tandasnya.

BACA JUGA:  Amir Rumra Apresiasi Langkah Bupati Bangun Maluku Tenggara

Safitri mengingatkan, tanam, pupuk, siram lalu mari berbuah untuk generasi penerus. Secara historikal, 16 Agustus 1945 semangat Pemuda membara memenuhi pemikiran pemuda di kala itu untuk meruntuhkan nilai egoisme golongan tua menjemput asap kemerdekaan yang dicita-citakan bangsa.

Maka dengan demikian selaku kepala pemerintahan di Kabupaten Buru Selatan, dirinya meyakini, hari ini kalau pemuda bersama-sama menyatukan nalar kritisnya bersama pemerintah, kemajuan itu akan tumbuh alamiah.

“Dengan maksud inilah saya mengapresiasi kehadiran rekan-rekan DPD KNPI Provinsi Maluku di sini untuk merayakan kelahiran Sumpah Pemuda,”ungkapnya.

Bupati katakan,  pertumbuhan pemikiran pemuda di Buru Selatan akan tumbuh dikarenakan adanya akulturasi pikiran, budaya, dan karakter berlandaskan ruang dialektika yang terbangun di antara sesama pemuda yang mengikuti kegiatan di saat ini.

BACA JUGA:  Bupati Fatlolon Minta Seluruh Stakeholder di Desa Terlibat Penyusunan APBDes

Tagline Sinergi of Harmony setidaknya menjadi harapan agar bisa meluluhlantakan perbedaan yang terdistorsi oleh segmen kepentingan individu atau kelompok.

“Selamat melaksanakan kegiatan akbar ini,”jelasnya.

Dirinya mengharapkan, semoga kegiatan yang dilakukan bisa memberikan output dan outcome bagi kemajuan daerah di tengah-tengah kayanya kemajemukan masyarakat,”tutupnya.

Selain itu Ketua KNPI Pusat Haris  Pratama berharap bahwa acara ini  bisa berlangsung dengan baik dan bermanfaat. “Jangan lupa untuk selalu kita jaga kesatuan dan persatuan,”sarannya. 

Pembukaan Youth Camp ini dihadir pimpinan TNI Polri, pimpinan OPD di lingkup Pemkab Bursel, Ketua Umum DPP KNPI, Haris Pratama, Ketua DPD I KNPI Promal, Faisal Hayoto Ketua DPD II KNPI Bursel, Rivai Latuconsina, para pimpinan OKP dan ormas. (L06)