Share

AMBON, LaskarMaluku.com – Sebanyak 14 tim Rugby siap bertanding mengharumkan nama Maluku di ajang Kejuaran Nasional (Kejurnas) Rugby Sevens dan X Rugby 2023 yang akan digelar mulai 1-5 Agustus di Stadion Banteng Reborn Kota Tangerang, Provinsi Banten.

Kejurnas Rugby di Banteng ini sekaligus menjadi babak kualifikasi untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 mendatang.

Olahraga Rugby sendiri, masih asing di telinga orang Maluku, karena olahraga ini belum lama ada di Maluku dan dikomandoi oleh anak muda yang juga anggota DPRD Maluku, Halimun Saulatu.

Setelah melalui proses latihan kurang lebih 3 bulan, tim Rugby Maluku yang terdiri dari 14 pemain dan 8 official akhirnya, akhirnya siap bertanding dan sudah menuju Banteng dengan menggunakan maskapai penerbangan Lion Air, Senin (31/7/2023) pagi.

Presiden Rugby Provinsi Maluku Halimun Saulatu

Presiden Rugby Provinsi Maluku Halimun Saulatu mengatakan, meski ini kali pertama tim Rugby Maluku mengikuti Kejurnas dan persiapan masa latihan tidak terlalu lama untuk menghadapi Kejurnas kali ini, namun Halimun berharap timnya bisa mengukir prestasi yang membanggakan.

BACA JUGA:  Walikota Ambon Sampaikan Rencana Bangun Stadion Sepakbola Ke Menpora

“Saya harap anak-anak dari Maluku mampu mempersembahkan prestasi terbaik dalam ajang Kejurnas di Tangerang ini,” ujarnya, Minggu (30/7/2023).

Halimun meyakini tim Rugby Maluku telah mematangkan materi permainan sebagai modal bertarung di Tangerang nanti.

Pelatih Rugby Maluku An Selanno

Salah satu pelatih Rugby Maluku, Anthoneta Selanno mengaku kendati olahraga Rugby merupakan olahraga baru di Maluku, namun melalui persiapan yang matang dirinya optimis tim Rugby Maluku akan mempersembahkan yang terbaik untuk Maluku.

Lantaran itu, An sapaan akrab Selanno meminta dukungaan doa dari masyarakat Maluku bagi tim Rugby Maluku yang akan bertanding sehingga memperoleh hasil yang maksimal.

Selanno menjelaskan, olahraga Rugby sendiri merupakan salah satu aktivitas fisik yang menyerupai permainan sepak bola. Namun, bila dibandingkan dengan sepak bola, olahraga Rugby ini lebih jarang dimainkan di Indonesia.

BACA JUGA:  Agus Ririmasse Terpilih Secara Aklamasi Pimpin KONI Kota Ambon

Rugby dimainkan dengan membawa dan mendaratkan bola ke gawang atau garis belakang tim lawan.

Masing-masing tim diharuskan untuk mencetak poin dengan menendang, melempar, membawa dan mendaratkan bola melewati gawang atau garis belakang tim lawan.

Bola Rugby

Selanno menambahkan, bola yang digunakan pada olahraga Rugby memiliki ciri khas, yaitu berbentuk lonjong dan mengerucut pada bagian ujungnya.

Dengan bentuknya ini, bola Rugby jadi lebih mudah dipegang dan dibawa oleh para pemain selama pertandingan berlangsung. (L02)