Share

AMBON, LaskarMaluku.com – Kota Ambon Provinsi Maluku kedatangan kapal pesiar Pacific Export yang mengangkut 2000an wisatawan mancanegara dari Australia, Selasa (25/6/2024) pagi.

Kapal raksasa ini sandar di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon Provinsi Maluku, sekitar pukul 06.20 Wit dan Kapal Pesiar ini akan bersandar di Pelabuhan Yos Sudarso hingga pukul 16.00 WIT, untuk kembali bertolak melanjutkan perjalanannya.

Kedatangan para wisatawan tersebut disambut juga dengan nyanyian dan iringan Paduan Ukulele serta Pameran UMKM.

Saat diwawancarai Pelaksana Harian (PLH) Sekretaris Daerah Maluku Dr. Syuryadi Sabirin, mengatakan bahwa dirinya sangat bersyukur dengan adanya sekitar 2000an wisatawan mancanegara dari Australia, yang berkunjung dengan Kapal Pesiar Pacific Export.

BACA JUGA:  Desa Rutong Terima Award Destinasi Desa Digital Pertama di Indonesia

“Diharapkan kunjungan ini memberikan dampak positif bagi Provinsi Maluku khususnya Kota Ambon, apalagi Desember nanti rencananya ada Kapal Pesiar yang akan datang juga, dengan kapal-kapal kecil antar pulau, oleh karena itu sejak kini kesan yang baik sudah dipupuk, agar para wisatawan bisa nyaman selama berada di Kota Ambon,” ungkap Sabirin.

Dengan Cuaca Hujan yang sementara melanda Kota Ambon, Sabirin mengatakan dari pihak agen akan menyesuaikan kembali rute kunjungan dari para wisatawan selama berada di Kota ini.

“Dengan pameran UMKM yang dilaksanakan di Pelabuhan, para wisatawan telah membeli barang-barang yang unik, dan para UMKM telah berhasil memperoleh target minimal Rp.500.000 rupiah,” ujarnya.

BACA JUGA:  Singgahi Pantai Pasir Terhalus Dunia Ngurbloat, Kapal Pesiar Le Soleal Bawa 118 Turis

Dengan adanya kunjungan ini, Sabirin mengatakan hal ini, akan berdampak bagi pertumbuhan ekonomi, dan UMKM naik kelas, karena produk-produk yang dijual nantinya bisa sampai di Negara asal mereka, sehingga diharapkan apa yang mereka beli, dapat memotivasi orang-orang sekitarnya, untuk nanti bisa datang berkunjung ke Kota Ambon.

“Oleh sebab itu, Pemerintah Daerah siap melayani dan bekerjasama dengan agent dan stakeholder untuk mendorong pertumbuhan pariwisata di Maluku,”tegas Sabirin.

Hadir juga pada kesempatan itu Tour Operator PT Sandy Delima Hellen Sarita De Lima, Pimpinan OPD Terkait Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, Lembaga Vertikal, dan stakeholder terkait. (L06)