Share

LASKAR – Anggota Komisi III DPRD Provinsi Maluku Anos Yeremias berhasil melakukan lobi di Kementrian Perhubungan (Kemenhub) RI untuk meminta kapal pengangkut hewan kurban.

Hal ini dilakukan Yeremias setelah mendapat keluhan masyarakat terhadap langkahnya hewan kurban di beberapa daerah di Maluku menghadapi Idul Adha 1443 H 2022 Masehi.

Kepada pers, Senin (13/6/2022), Yeremias mengaku dirinya dihubungi beberapa warga, seperti di Tual, Kota Ambon, Dobo dan Timika, terkait dengan kekurangan hewan korban menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha.

“Jadi mereka khawatir jangan sampai pada harinya hewan yang di kurbankan mengalami kelangkaan, sehingga saya langsung mencoba menghubungi pihak Kemenhub di Jakarta untuk meminta ijin kapal pengangkut hewan kurban dan hasilnya mendapat persetujuan,”ungkap politisi Partai Golkar Maluku ini

BACA JUGA:  Gaji Nakes Honorer di RSUD Haulussy Dibawah UMP

Setelah mendapat informasi demikian, Anos yang merupakan anggota Komisi III DPRD Maluku bermitra dengan Kemenhub langsung menghubungi Direktur Lalulintas Laut pada Direktorat Pehubungan Laut Kemenhub RI dengan maksud meminta ijin kapal pengangkut hewan kurban.

“Saya hubungi tanggal 22 April Bulan lalu, tepatnya hari Jumat pukul 10.30 WIT, karena hari itu hari Jumat maka pihak Kementerian menjadwalkan agenda rapat virtual dan mewakili Komisi III itu saya sendiri, sebagai inisiator giat itu, maka diputusakan alat angkut hewan kurban untuk masuk di beberapa titik yang diminta,” jelas Yermias.

Dalam rapat yang digelar secara virtual dengan Kementrian Perhubungan, memutuskan untuk jalur angkutan hewan kurban, ke Tual-Dobo menggunakan KM Pesona milik pemerintah dan persetujuannya lewat Surat Edaran langsung dari pihak Direktorat Perhubungan Laut Kemenhub, dan sementara untuk jalur ke Ambon dan lainnya menggunakan armada laut lainnya.

BACA JUGA:  Uskup Mandagi : Sengsara Yesus Mengajarkan Kekristenan Yang Sejati

“Terhadap kapal itu, kami meminta kalau boleh ditetapkan, kenapa harus ditetapkan dalam bentuk surat agar jangan sampai ada complain dari pengguna jasa transpotasi lainnya dan setelah saya lakukan itu, kemudian disetujui dan sekarang yang sudah beroperasi dari MBD, KKT menuju Tual-Dobo adalah KM Pesona,”ungkapnya seraya menambahkan, sama halnya dengan kapal yang beroperasi menuju Ambon dan lainnya, juga tetap akan disediakan untuk mengangkut hewan-hewan kurban. (L04)