Share

JAKARTA, LaskarMaluku.com – Akhir Bulan Mei 2024, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan segera mengeluarkan rekomendasi untuk beberapa bakal calon kepala daerah di Indonesia Timur termasuk Provinsi Maluku.

Sekretaris Jenderal PDIP,  Hasto menjelaskan saat ini partainya memang telah mengeluarkan surat tugas kepada sejumlah kader untuk maju di Pilkada. Beberapa nama yang dipastikan bakal maju seperti Bupati dan Wakil Ngawi saat ini, juga Wali Kota Surabaya.

Selain wilayah itu, Hasto menyebut pekan ini juga akan mengeluarkan rekomendasi untuk calon kepala daerah di Jawa Tengah. Termasuk beberapa wilayah di Indonesia Timur yang menurutnya sudah mengerucut.

“Di Jawa Tengah akan dibahas hari Selasa dan kemudian di beberapa wilayah Indonesia Timur seperti Maluku, Papua, itu juga sudah dikerucutkan,” katanya.

BACA JUGA:  MI-BMW Terima Surat Tugas dari DPP Partai Demokrat

Hasto menambahkan PDIP berpeluang besar akan mengusung kader internal di sejumlah daerah yang menjadi basis partainya. Sementara di luar itu, PDIP akan membuka peluang kerja sama dengan partai lain.

Dan nanti ada daerah-daerah yang merupakan basis PDIP itu merupakan figur yang muncul dari proses penggemblengan kader. Tetapi ada juga yang kombinasi.

“Contohnya di Jabar, itu kami melakukan kombinasi antara eksternal dengan partai lain dan internal,” katanya.

Khusus untuk Provinsi Maluku, berdasarkan sejumlah sumber yang dihimpun media ini menyebutkan, bakal calon gubernur Maluku yang juga Deputi I Kepala Staf Kepresidenan, Febry Calvin Tetelepta semakin menguat di DPP PDI Perjuangan.

“Proses ini terjadi lantaran yang bersangkutan semakin intens bertemu masyarakat dalam upaya mensosialisasikan programnya ke masyarakat dan itu secara kontinyu dilakukan FCT dengan cara bertatap muka langsung, “kata sumber DPP yang tidak ingin disebutkan namanya ini.

BACA JUGA:  Jaga Pemilu 2024, PMKRI Maluku Malut Gelar Diskusi Publik

Masih menurut sumber ini, beberapa Dewan Pimpinan Daerah DPD PDI P oleh Ketua Umum memberikan atensi yang sangat luar biasa kepada para ketua-ketua DPD untuk punya andil dalam menentukan bakal calon gubernur, namun harus sesuai kriteria mampu bekerja untuk kepentingan rakyat.

“Yah, kalau ukuran DPD PDI-P Maluku, Ketuanya bisa mengajukan bakal calon, karena selain Maluku, Sulawesi Utara, dan beberapa daerah juga diberikan hak istimewa untuk menentukan bakal calon,”ungkap sumber ini.

Selain FCT, bakal calon gubernur lain seperti Letjen TNI AD (purn) Jafry Apollo Rahawarin (JAR), Barnabas Orno dan Said Latuconsina juga bersaing untuk direkomdasikan DPP PDI-P, namun tawaran FCT dengan konsep perubahan untuk Maluku semakin mendapat respons positif dari DPP PDI-P. (L05)