Share

AMBON, LaskarMaluku.com – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah Serentak, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar memanggil 35 bakal calon kepala daerah dan wakil di 11 kabupaten/kota se-Maluku untuk menghadiri acara silaturahmi dan pengarahan Ketua Umum DPP Partai Golkar yang akan dipusatkan di Ballroom, It 2 Graha Golkar, jalan Anggrek Nell Muri XI A Kemanggisan Jakarta Barat, Sabtu (6/5/2024).

Undangan tersebut sesuai dengan surat dari DPP Partai Golkar nomor Sund-359/GOLKAR/IV/2024, tertanggal 4 April yang ditujukan kepada Ketua/Plt Ketua DPD Partai Golkar se-Indonesia.

Surat undangan dengan klasifikasi biasa itu, ditujukan bukan saja untuk bakal calon kepala daerah dan wakil dari Provinsi Maluku, tetapi dari seluruh daerah di Indonesia.

Dalam surat yang ditandatangani Wakil Ketua Umum, Ahmad Dolly Kurniawan Tandjung dan Sekretaris Jenderal Lodwijk F. Paulus, menjelaskan bahwa acara silaturahmi dan pengarahan Ketua Umum akan dilanjutkan dengan buka puasa bersama.

BACA JUGA:  DPD Golkar Maluku Belum Laksanakan Pleno Eksekusi Mahkamah Partai

Dari 35 daftar bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah ini, muncul sejumlah figur yang terang-terangan maju bertarung baik untuk calon gubernur Maluku selain ketua DPD Partai Golkar, muncul seorang figur populer saat ini, yakni mantan Pangdam XVI Pattimura, Letjen TNI AD (Purn) Jafry Apolo Rahawarin. Sedangkan untuk calon Walikota Ambon, masing-masing; Richard Rahakbauw, SH, Agus Ririmasse Sekot Ambon, Bodewin Wattimena (Pj Walikota Ambon) dan Ketua DPRD Kota Ambon Elly Toisutta.

Sementara untuk Kabupaten Maluku Barat Daya, ada nama Anos Yeremias, Agustinus Lekwarday Kilikili.

Kabupaten Kepulauan Tanimbar, muncul seorang pendatang baru yakni Pj Bupati, Piterson Rangkoratat, Dharma Oratmangun dan Julianus Aboyaman Umuratuh.

Sedangkan, Maluku Tengah selain muncul nama Sam Latuconsina, Rudolof Lailossa dan staf ahli Partai Golkar di DPRD Provinsi Maluku, yakni Tammat R. Talaohu.

Khusus untuk Walikota Tual, muncul nama juru bicara Polda Maluku saat ini, Kombes Mohamad Muh Ohoirat.

BACA JUGA:  Kapolda : Sudah Ada Laporan Pelanggaran Pilkada di Maluku

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Mohamad Muh Ohoirat yang dikonfirmasi media ini via whatsAppnya belum bersedia menjawab pertanyaan yang diajukan media ini, Jumat (5/4/2024) malam, meski terpantau WAnya telah contreng dua garis menandakan telah dilihat dan atau dibaca.

Kendati begitu dari undangan DPP Partai Golkar yang diterima media ini, Kombes Pol Mohamad Muh Ohoirat berada pada urutan terakhir yakni nomor urut 35 dari daftar yang diundang DPP Partai Golkar untuk hadiri silaturahmi tersebut dan gunakan kemeja kuning.

Murad Ismail Tak Diundang

Ada yang menarik dari ke-35 nama yang diundang ke DPP Partai Golongan Karya di Jakarta, Sabtu 06 April 2024 tidak terdapat nama Murad Ismail yang saat ini menjabat Gubernur Maluku.

Padahal awalnya MI berkoar-koar kalau dirinya sudah pasti mendapat rekomendasi Golkar, tapi fakta dari undangan yang beredar seantero publik Maluku tidak terlihat nama Murad Ismail.

BACA JUGA:  Samson Atapary Menuju Senayan

Ini artinya Partai Golkar kurang tertarik dengan sosok Murad Ismail untuk Kembali memimpin Maluku. Padahal sebelumnya para cukong berkoar-koar kalau MI dipastikan mendapat dukungan partai berlambang pohon beringin ini, tapi fakta membuktikan bahwa dari daftar 35 orang yang dipanggil DPP Partai Golongan Karya nama MI tidak tercantum.

Beberapa bakal calon kepala daerah baik provinsi dan kabupaten kota yang dihubungi mengakui kalau MI tidak masuk dalam daftar yang dipanggil.

Ini lantaran banyak kader Golkar yang siap pimpin Maluku lima tahun kedepan, kata sumber yang tidak ingin disebutkan namanya ini

“Rekam jejak Murad Ismail selama menjabat Gubernur Maluku sudah diketahui pihak DPP, sehingga itu yang membuat namanya tidak masuk dalam daftar undangan,”ungkap sumber tersebut. (L05)