Share

AMBON, LaskarMaluku.com – PT Angkasa Pura I Cabang Bandar Udara Pattimura Ambon dengan bangga mengumumkan bahwa Bandara Pattimura akan menjadi tempat pemberangkatan embarkasi haji antara untuk jemaah haji dari Provinsi Maluku. Pemberangkatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 31 Mei, 2 Juni, dan 4 Juni 2024. Sebanyak 1.077 jemaah haji dari Provinsi Maluku akan diberangkatkan dalam tiga kloter, yaitu kloter 27, kloter 30, dan kloter 32, melalui Bandar Udara Pattimura Ambon menuju Makassar.

Untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan pemberangkatan jemaah haji, Bandar Udara Pattimura Ambon telah mempersiapkan fasilitas dan peralatan yang diperlukan. Beberapa langkah yang telah dilakukan antara lain adalah memastikan keamanan dan sterilisasi jemaah haji serta barang bawaan jemaah haji pada saat boarding melalui Gedung VIP Pemda, berkoordinasi dengan PPIH dan Bea Cukai dan pihak terkait lainnya untuk pemeriksaan bagasi di Terminal Kargo, dan memastikan jadwal serta parking stand pesawat udara. Selain itu, pengawalan bus saat boarding dan koordinasi dengan maskapai serta ground handling untuk kesiapan operasional di sisi udara juga telah dipersiapkan dengan baik.

BACA JUGA:  Jelang Nataru, Pohon Natal Hiasi Area Terminal Bandara Pattimura

Di Gedung VIP Pemda, flow jemaah haji telah diatur agar berjalan lancar sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku dengan menyediakan kursi yang cukup, menjaga kebersihan, dan memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah haji. Peralatan Wall Through Metal Detector dan X-ray juga telah dipastikan berfungsi dengan baik, serta peralatan penunjang lainnya siap digunakan dan telah di cek kesiapannya tiga hari sebelum keberangkatan.

Langkah-langkah lain yang telah diambil oleh Bandar Udara Pattimura Ambon mencakup pemantauan dan persiapan proses, fasilitas, dan peralatan sesuai dengan alur jemaah haji dari Gedung VIP Pemda hingga keberangkatan. Bandar Udara Pattimura – Ambon juga telah menyiapkan kebutuhan operasional seperti 370 kursi, meja pemeriksaan, sistem suara, dan peralatan lainnya.

Pemeriksaan penumpang dan barang kabin menggunakan X-ray juga telah dipastikan siap digunakan pada hari H, dengan kesiapan personil operasional sebanyak 18 orang di Gedung VIP Pemda dan area lainnya.

Bandar Udara Pattimura Ambon juga telah berkoordinasi dan mengadakan pertemuan dengan PPIH, CIQ, maskapai penerbangan, dan pihak terkait lainnya untuk memastikan kelancaran proses pemberangkatan jemaah haji. Dalam hal fasilitas akomodasi dan transportasi, telah disediakan tiga bus khusus yang akan standby di sisi udara untuk mengantar jemaah haji dari Gedung VIP Pemda ke pesawat, dengan pengawalan dari kendaraan “follow me” car AMC, kendaraan POM, dan patroli Aviation Security. Selain itu, tiga parking stand telah disiapkan untuk mengakomodasi pesawat yang mengangkut jemaah haji.

BACA JUGA:  Gubernur Buka Pesparani Katolik ke-IV Tingkat Provinsi Maluku di Kota Tual

PT Angkasa Pura I sebagai pengelola Bandar Udara Pattimura Ambon bekerja sama dengan PPIH, Kantor Agama Wilayah Provinsi Maluku, Pemerintah Daerah, CIQ, maskapai penerbangan, kepolisian, Lanud Pattimura, dan pihak terkait lainnya untuk mendukung kelancaran embarkasi haji antara ini.

Bandar Udara Pattimura Ambon juga telah mengidentifikasi beberapa potensi kendala atau risiko yang mungkin terjadi, seperti cuaca buruk yang dapat menyebabkan keterlambatan penerbangan. Untuk mengantisipasi hal ini, telah disiapkan aviobridge dan peralatan pendukung lainnya untuk mempermudah proses naik/turun jemaah haji dari pesawat. Juga telah dipastikan Gedung VIP Pemda tetap kondusif jika terjadi cuaca buruk, dengan menyediakan kursi yang cukup bagi seluruh jemaah haji.

Selain itu, untuk mengantisipasi kemungkinan keterlambatan jemaah haji menuju pesawat akibat keterlambatan dari Asrama Haji atau proses pemeriksaan yang memakan waktu lebih lama, pengelola Bandar Udara Pattimura Ambon akan menyiapkan personil yang standby di Asrama Haji untuk membantu mengatur keberangkatan jemaah haji menuju Bandara Pattimura Ambon. Maskapai Lion Air juga siap mengakomodasi dan melakukan pengecekan bagasi kabin di Gedung VIP Pemda, termasuk menyediakan payung dan kebutuhan lainnya jika terjadi hujan.

BACA JUGA:  Hadirkan Misi Profetik Islam sebagai Sebuah Agama Peradaban

General Manager Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon, Ibu Shively Sanssouci, menyatakan, “kami berharap semua pelayanan dan kegiatan penerbangan Haji Antara Provinsi Maluku dapat berjalan aman dan lancar serta kita doakan bersama-sama seluruh jemaah haji dapat beribadah secara maksimal dan menjadi haji yang mabrur aamiin”

Langkah-langkah yang telah dilakukan ini merupakan bagian dari komitmen Bandar Udara Pattimura – Ambon untuk memberikan pelayanan terbaik dan memastikan setiap jemaah haji mendapatkan pengalaman perjalanan yang nyaman dan berkesan. Dengan upaya yang telah dilakukan, segenap karyawan Bandar Udara Pattimura – Ambon berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam pelaksanaan ibadah haji tahun ini. (L06)