Share

AMBON, LaskarMaluku.com – Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Diklat (SDM) Bawaslu Maluku, Dr.Stevin Melay,MSi mengatakan, dalam rangka memastikan profesionalisme dan kesiapan  Pantia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascan) menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2024, maka Bawaslu Maluku menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diikuti 354 Panwascam seluruh Maluku, serta 33 anggota Bawaslu Kabupaten/Kota se-Maluku, termasuk staf administrasi juga akan mengikuti Bimtek yang berlangsung tanggal 2-6 Juli 2024 bertempat di The Natsepa Hotel.

Dalam keterangan persnya, Senin (1/7/2024) di kantor Bawaslu Maluku, Melay menjelaskan ada hal-hal yang perlu dilakukan perbaikan, merujuk dari pengawasan yang dilakukan saat Pileg 14 Februari 2024 lalu.

BACA JUGA:  Danlantamal IX Turun Langsung Untuk Sosialisasikan Penerimaan Prajurit TNI AL

“Perlu dilakukan perbaikan sehingga Pilkada serentak nanti akan berjalan dengan baik,”ujarnya seraya menambahkan, Bimtek ini untuk melakukan pemantapan lebih maksimal dari sisi pengetahuan maupun juga teknis kepada jajaran Panwascam.

Melay menjelaskan, pada Pemiu Legislatif lalu, jajarannya sudah maksimal dalam melakukan fungsi pengawasan. Namun, faktanya ada 12 PHPU yang diajukan di MK, walaupun semuanya kemudian ditolak dan hannya satu yang dikabulkan sebagian.

“Dalam pandangan kami sesungguhnya ada hal-hal yang terlewatkan dalam proses pengawasan. Oleh sebab itu, kami perlu melakukan penguatan yang lebih komprehensif bagi jajaran Bawaslu di semua tingkatan, khususnya Panwascam,”ungkapnya.

Melay menambahkan, Bimtek akan menghadirkan narasumber yang kompeten dari Jakarta  yakni tenaga ahli SDM Bawaslu RI, dan Direktur Sendikat Pemilu dan Demokrasi (SPD), serta juga lima pimpinan Bawaslu Maluku dan empat mantan pimpinan Bawaslu Maluku. (L02)