Share

LASKAR  – Sebayak 922 orang lanjut usia (lansia) di Kota Ambon telah menjalani vaksinasi oleh Dinas Kesehatan Kota Ambon, sejak Selasa (02/03/2021) hingga Jumat (05/03/2021).

“Hari ini (Jumat-red), ada 428 orang lansia yang terdaftar untuk lakukan vaksinasi Covid-19. Tapi yang berhasil divaksin sebanyak 356 orang,”jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy, melalui telepon seluler pada Jumat (05/03/2021).

Menurutnya, 922 lansia ini adalah mereka yang divaksin di PSTW Ina Kaka dan di pos kesehatan serta puskesmas di Kecamatan Sirimau.

“Sejak Rabu (03/03/2021) kami melakukan vaksinasi di Kecamatan Sirimau. Di masing-masing desa, negeri dan kelurahan ada 1 pos kesehatan. Jadi total untuk kecamatan Sirimau ada 14 pos. Kita membuka pos-pos vaksinasi ini agar memudahkan para lansia ke pusat vaksinasi. Karena tidak semua desa atau kelurahan atau negeri mempunyai rumah sakit atau puskesmas,” ungkap Pelupessy.

BACA JUGA:  Tambah 73 Kasus Baru Covid-19 di Maluku

Adapun 72 lansia yang tidak jadi divaksin, dikarenakan hipertensi atau adanya penyakit bawaan (komorbid). “Yang tertunda vaksinasi, disebakan hipertensi dan adanya penyakit bawaan atau komorbid,”jelasnya.

Dirinya bersyukur karena pelaksanaan vaksinasi bagi lansia bisa berjalan lancar, apalagi ketika melihat animo para lansia yang mendatangi tempat vaksinasi.

“Saya bersyukur melihat animo para lansia yang datang untuk vaksinasi. Ini karena mereka ingin tetap sehat. Hal ini sesuai dengan kebijakan pemerintah agar para lansia mendapat prioritas pertama untuk divaksin, karena kondisi mereka yang rentan, sehingga mudah tertular,”ujarnya.

Para lansia yang sudah divaksinasi tahap pertama, akan menerima vaksin tahap kedua pada 28 hari kedepan. (L02)