Share
Pastor Steven Warwarin, Pr saat memberikan bantuan kepada Ketua Rukun Santa Theresia, Paul Nifan di Asrama Polisi Kayu Putih, Minggu (26/04/2020)

LASKAR – Penerapan physical distancing oleh pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran dan memutus mata rantai Covid-19, memberikan dampak bagi sektor ekonomi masyarakat, terutama bagi pekerja informal yang memperoleh pendapatan harian. Tak heran jika banyak yang harus terpaksa kehilangan mata pencaharian.

Oleh sebab itu sebagai bentuk kepedulian dan rasa sepenanggungan dengan umat yang mengalami dampak Covid-19, Paroki St. Fransiscus Xaverius Katedral Ambon, Minggu (26/04/2020) membagi bantuan sembako, masker dan uang bagi 140 Kepala Keluarga yang ada di 10 rukun di interen paroki ditambah 13 KK di Stasi Saparua, sehingga total yang dibantu sebanyak 153 KK. 
Demikin disampaikan Pastor Paroki St. Fransiscus Xaverius Katedral Ambon, Pastor Patris Angwarmas,Pr disela-sela penyerahan bantuan.

BACA JUGA:  Lapangan Kerja Terbatas, 27.532 Pengangguran di Kota Ambon
Sekretaris Dewan Paroki Petrus C. Angwarmase saat menyerahkan bantuan di Rukun Hati Kudus Yesus

“Kami melakukan pendataan umat yang kehilangan pekerjaan akibat covid-19 ini dari masing-masing ketua rukun, sehingga tercatat 153 KK yang kami bantu dimana masing-masing KK mendapat beras 10 kg, sarimie 1 karton, masker dan sejumlah uang. Kami berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi umat yang menerimanya,”kata Angwarmas seraya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak baik umat paroki maupun para donatur diluar paroki yang ikut berpartisipasi sehingga proses penyaluran bantuan ini dapat terlaksana.

Dalam kondisi saat ini, kata Angwarmas gereja wajib membantu umat yang berada dalam kesusahan. “Sebagai pastor paroki saya sudah sampaikan bahwa mungkin saja karena kondisi ini gereja akan kehabisan uang, tapi demi untuk membantu umat kami yang susah, sampai habis uang pun kami akan berusaha mencari demi memenuhi kebutuhan mereka,”ungkap Angwarmas. 
Ketua Dewan Paroki Niko Rotama saat menyerahkan bantuan
Pada kesempatan yang sama, Ketua Dewan Paroki St. Fransiscus Xaverius Katedral Ambon, Niko Rotama mengatakan, bantuan ini akan terus berlanjut tergantung situasi dan kondisi kedepannya.
 “Ini bukti dari komitmen kami untuk turut berkontribusi bagi umat paroki yang membutuhkan. Kami berharap apa yang kami berikan ini dapat membantu umat mengurangi sedikit beban kebutuhan di tengah kondisi wabah covid-19 ini,”harap Rotama sambil mengucapkan terima kasih atas partisipasi umat paroki yang ikut menyumbang maupun para donatur dari luar paroki. 
Sementara Ketua Rukun St.Theresia di Kayu Putih, Paul Nifan mewakili anggota rukun menyampaikan terima kasih kepada para Pastor dan Dewan Pastoral dan semua donator yang sudah memberikan bantuan kepada keluarga-keluarga yang terkena dampak langsung covid-19. 
Guna menghindari pengumpulan umat dalam jumlah banyak, bantuan disalurkan ke rumah masing-masing ketua rukun, yang kemudian nanti disalurkan ke masing-masing kepala keluarga yang berhak menerimanya. (L02)