Share

AMBON,Laskar Maluku.com — Tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ambon, periode 2024-2029 yang diselenggarakan Komisi Pemilhan Umum (KPU), Kota Ambon, resmi di launching.

Peluncuran yang berlangsung di Pattimura Park, Minggu (9/6/2024) malam tersebut di resmikan langsung oleh Penjabat Wali Kota Ambon, Dominggus Kaya didampingi Ketua KPU, Kaharudin Mahmud.

Penjabat Wali Kota Ambon, Dominggus Nicodemus Kaya dalam sambutanya mengatakan, pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilihan legislatif kemarin sudah kita laksanakan dengan aman dan lancar.

Untuk itu, kita juga harus memberi apresiasi kepada seluruh masyarakat kota Ambon yang sudah mendukung dan berpartisipasi, sehingga seluruh penyelenggaraan Pileg dan Pilpres tersebut berlangsung dengan baik.

“Peluncuran Pilkada hari ini adalah salah satu rangkaian awal dari Pilkada yang akan kita laksanakan yaitu, pemilihan walikota dan wakil walikota Ambon tahun 2024. Semoga kegiatan ini menjadi awal kesuksesan pesta demikrasi terutama di Kota Ambon,” kata Dominggus.

Kegiatan peluncuran tahapan Pilkada ini sebagai momentum bagi semua pihak, baik itu penyelenggara maupun peserta untuk menjalin dan membangun konsolidasi, serta koordinasi yang harmonis demi mewujudkan Pilkada yang demokratis berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

“Mari kita tingkatkan solidaritas dan sinergitas dalam menjaga lingkungan, sebab ini merupakan tanggung jawab kita bersama serta mengajak kepada penyelenggara Pemilu, ASN harus tetap Netral, TNI dan Polri serta seluruh warga masyarakat dapat menciptakan kondusifitas di masa Pilkada nanti,” harap Dominggus.

BACA JUGA:  Jelang HUT 100 Tahun, WKRI Maluku dan Maluku Utara Berbagi Kasih di Panti Asuhan dan Lapas

Sementara itu, ketua KPU, Kota Ambon, Kaharudin Mahmud mengatakan, kita baru saja melewati proses pemilihan presidentahun 2024, pada tanggal 14 Februari, dan ini merupakan sebuah keberhasilan kesuksesan kita semua yang ada di Kota Ambon. Dimana turtu dalam hal ini Pemerintah Kota Ambon, Polri TNI dan jajaran.

“Ini merupakan tanggung jawab yang harus sama-sama kita akan kawal untuk Pilkada, yang kemudian akan kita laksanakan pada tanggal 27 November,” ujar Kaharudin.

Kita baru saja melewati proses perselisihan hasil Pemilu di Mahkamah Konstitusi pada tanggal 6 Juni lalu, dan pelaksanaan gugatan yang kemudian pada KPU Kota Ambon semua ditolak.

Hal itu sesuai dengan peraturan KPU nomor 2 tahun 2024 terdapat 2 tahapan yang telah dilaksanakan yaitu pelantikan PPK pada 5 Kecamatan dan PPS pada 50 Desa/Kelurahan/Negeri se Kota Ambon.

Sementara itu pada 13 Juni nanti akan dilaksanakan tahapan pendaftaran Pantarlih, yang nantinya akan melaksanakan tugas pendataan pemilih di seluruh desa/kelurahan/negeri yang akan dimasukan dalam daftar pemilih.

“Mari kita semua untuk senantiasa mengucapkan puji syukur nikmat Allah Tuhan Yang Maha Esa karena atas perkenaanNya masih diberikan kesehatan dalam rangka mengikuti kegiatan peluncuran tahapan pemilihan walikota dan walikota tahun 2024,” ajaknya.

BACA JUGA:  Perusahaan Kelas Dunia Investasi di Maluku

Adapun kata Kaharudin bahwa, pelaksanaan pemilihan dapat berjalan baik, apabila adanya partisipasi masyarakat dalam memberikan data kependudukan pada saat pendataan dan pencocokan pemilih.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kota Ambon dalam memberikan dukungan anggaran untuk penyelenggaraan pemilihan kepala daerah di Kota Ambon kepada KPU Kota Ambon. Sehingga diharapkan pelaksanaan tahapan-tahapan dapat berjalan dengan baik,

Selain itu,dalam Sambutan M. Shaddek Fuad Ketua/Komisioner KPU Prov. Maluku,berkeyakinan bahwa masyarakat kota Ambon Pada pelaksanaan pemilihan walikota dan wakil walikota nanti juga akan melaksanakan hak konstitusinya dengan baik dan benar, juga bertanggung jawab karena kita adalah penerus-penerus dari para leluhur dan orang-orang yang cerdas dalam memaknai keberagaman. kemudian memaknai toleransi memaknai Apa demokrasi dan hal-hal yang kemudian bisa mempertemukan kita dalam satu kesatuan yaitu orang bersaudara.

Kata dia,Kita boleh berbeda pilihan tetapi Demi kemajuan bangsa dan negara Demi kemajuan daerah ini Demi kemajuan Kota Ambon, maka apapun yang dihasilkan Nanti pada pemilihan walikota dan wakil walikota Ambon di tahun 2024 dia adalah merupakan hasil pilihan rakyat dan dia adalah pemimpin dari kita bersama. saya kira seluruh masyarakat sudah cukup cerdas dan bijaksana dalam memaknai demokrasi itu.

BACA JUGA:  Satu Pasien PDP Meninggal di RSUD Haulussy Ambon

Kegiatan dilanjutkan dengan peluncuran tahapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Ambon, serta pemberian hadiah kepada para pemenang Sayembara Maskot dan Jingle Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Ambo tahun 2024, serta hiburan.

Kegiatan dihadiri oleh,Dominggus Nicodemus Kaya, S.Sos., M.Si (Pj. Walikota Ambon)
,M. Shaddek Fuad (Ketua/Komisioner KPU Prov. Maluku),Almudatsir Zain Sangadji, SH (Ketua Divisi Teknis Penyelenggara) ,Syarif Mahulauw, SE.,M.Si (Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan), Kolonel Inf. Leo Octavianus M. Sinaga, S.Sos., M.I.P (Dandim 1504/Ambon),AKBP Nur Rahman, S.I.K.,M.M (Waka Polresta P. Ambon dan P.P. Lease),Ali Toatubun, S.H., M.H (Kasi Intel Kejari Ambon), Kaharudin Mahmud (Ketua KPU Kota Ambon), Muhammad Fikri Latuconsina (Ketua Teknis Penyelenggara Pemilu), Fadhilah Bachmid (Ketua Divisi Sosdiklih, SDM, dan Parmas),Harnita (Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi),Vica Jillyan Edsti Saija (Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan),Zakiah Iryani Rahman, S.Sos., M.Si (Sekretaris KPU Kota Ambon), Alberth Johan Talabessy, S.E., M.Si (Ketua Bawaslu Kota Ambon),Wilhelmus Leuwirissa (Ketua Walubi Maluku),Dr. Safrudin B. Layn, S.Sos., M.Si (Mantan Komisioner KPU Kota Ambon), Rikke M.B. Uruilal, SH (Mantan Komisioner KPU Kota Ambon), Ketua PPK dan PPS se Kota Ambon,Perwakilan Parpol Peserta Pemilu 2024 se Kota Ambon. (L06)