Share

LASKAR – Dalam upaya pengurangan resiko atau dampak dari bencana, hari ini, Kamis (6/11), Pemerintah Kota Ambon melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon melakukan Pelatihan Unit Siaga Bencana Sekolah (USI BELA) yang berlangsung di SMP 6,Ambon.

Kegiatan pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran aparatur pemerintah, masyarakat, serta dunia usaha dalam pengurangan resiko bencana.

Kepala BPBD Kota Ambon, D.Paays dalam sambutannya menjelaskan, Penyelenggaraan pelatihan penanggulangan bencana juga perlu dilakukan disekolah-sekolah guna mewujudkan budaya kesiapsiagaan dan keselamatan terhadap bencana di sekolah.

“Momen pelatihan ini dapat dijadikan dorongan lebih lanjut sebagai upaya bersama di bidang pengurangan resiko bencana di seluruh tingkatan,” Ungkap Ka.BPBD

BACA JUGA:  Pekan Depan Tenaga Kesehatan Dilatih Secara Daring Untuk Imunisasi Vaksin Covid

Penyelenggaraan penanggulangan bencana, lanjutnya, merupakan perwujudan fungsi pemerintah dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat, yang dilaksanakan secara terpadu dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan secara aktif.

Ditambahkan, dalam menghadapi bencana setiap masyarakat yang didalamnya ada pelajar yang tergolong dalam Kelompok Rentan tetapi memiliki potensi,  sehingga dianggap mempunyai kekuatan (daya).

“Pelajar tidak pasif, setiap pelajar diharapkan mempunyai cara untuk penyampaian informasi jika terjadi bencana, sehingga dari informasi tersebut dapat mengurangi resiko yang disebabkan oleh bencana tersebut,” tutupnya. (M1R)