Share

AMBON, LaskarMaluku.com – Universitas Pattimura (Unpatti), Ambon kembali mewisudakan sebanyak 1.547 lulusan sarja terbaik periode ke III tahun 2023. Para wisudawan tersebut diwisudakan berdasarkan Surat Keputsan (SK) dengan nomor, 4001/UN13/SK/2023 tertanggal 30 November tahun 2023.

Ribun lulusan tersebut di laksanakan dalam rapat terbuka luar biasa senat Universitas Pattimura dalam rangka Wisuda Sarjana Magister, Doktor, Pendidikan profesi Guru dan program studi di luar kampus utama Kabupaten Kepulauan Aru dan Maluku Barat Daya (MBD) periode Desember tahun 2023, di Audotirium Unpatti, Kota Ambon. Senin (18/12).

Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy dalam sambutanya mengatakan, Universitas Pattimura telah menciptakan lulusan yang unggul, dan bersinar dalam mengembangkan Unpatti menuju Work Clase University. Untuk menuju semua itu dibutuhkan tekat bersama semua pihak dalam membangun Universitas Pattimura menjadi lebih baik kedepan.

Untuk menghasilkan pemimpin-pemimpin masa depan yang memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki skill keterampilan, karakter yang berbasis pada peningkatan oktanisi wilayah kepulauan, baik di bidang perikanan, bidang pertanian, maupun teknologi transportasi.

BACA JUGA:  66 Siwa SD Dari 5 Sekolah Gugus Huherina Satu Manipa Barat Ikuti US

“Semua bisa terjadi kalu kita semua bersama-sama bekerja keras sehingga Unpatti bisa menunjukan kualitas sebagai universitas yang Unggul, bersih, berintegritas, sinergitas dan berkarakter menuju Work Clase University”, kata Leiwakabessy.

Dikatakan, kita perlu dukungan dari Pemerintah juga untuk mengembangkan Universitas Pattimura dalam meningkatkan keunggulan dan daya saing, meningkatkan reputasi ajang internasional.

“Peningkatan kesejahteraan yang ditandai dengan bagaimana kebersamaan pemerintah dari yang tertinggi sampai yang paling kecil, serta berusaha untuk melakukan tata kelola yang berbasis pada management akademik, dan non akademik”, ujarnya.

Dalam konsep pengembangan perguruan tinggi yang lain, kita harus seimbangkan antara input proses, output outcome dan impact.

Leikabessy menjelaska hari ini kita telah meluluskan 1.547 lulusan periode ketiga di tahun 2023, yakni, lulusan sarjana, Magister Doktor, Propesi Guru dan Dokter. Jadi tolal semua lulusan mula dari Periode April, Agustus dan Desember tahun 2023 sebanyak 6.149.

BACA JUGA:  MENDIKBUD DIAGENDAKAN TINJAU SEKOLAH TERDAMPAH GEMPA DI AMBON

Lanjut Lewekabessy, jika kita bandingkan dengan input kita di tahun 2023, sebanyak 6.179 mahasiswa, ssmua itu jika kita asumsikan keseimbangan antara input dan output maka kita sudah bisa mencapai 99,951%.

Namun hal kita perlu berikan penekanan pada bagaimana output Ini bisa memberikan outcome keberhasilan harus 80%. Sebab lulusan kita terserap di dunia pekerjaan, untuk itu kita harus bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dalam menciptakan lapangan kerja yang baru.

“Ini yang harus kita kejar, dari 6149 lulusan, harus kita kejar 80% untuk memberikan Outcome yang betul-betul bermanfaat bagi universitas ini”, terangnya.

“Diharapkan bagaimana para lulusan bisa menginformasikan bahwa pada Universitas Pattimura, terdapat 74 pro di S1, 17 Pro di S2, 4 pro di S3, 2 profesi diantaranya pendidikan dokter dan guru, dan kedekatan akan ada pendidikan profesi yang lainnya, yang diharapkan akan memberikan dampak yang signifikan bagi pengembangan sumber daya manusia di universitas Pattimura”, harapnya.

BACA JUGA:  Resmikan PAUD di Toisapu, Sekot Terima Kasih ke Yayasan Read and Rock Vor de Molukken Di Belanda

Diketahui, Ribuan lulusan berasal dari Fakultas Hukum 134 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 146 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 609 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 148 orang, Fakultas Pertanian 51 orang, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (56 orang), Fakultas Teknik 183 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 49 orang, Fakultas Kedokteran 20 orang, Pendidikan Diluar Kampus Utama PSDKU, Kabupaten Kepulauan Aru 43 orang, PSDKU Kabupaten MBD 20 orang dan Pascasarjana 88 orang. (L06)