Share

AMBON, LaskarMaluku.com – Pemerintah Kota Ambon menggelar Safari Natal yang berlangsung di Pantai Ronawiska Negeri Latuhalat, Rabu (27/12/2023).

Pejabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena dalam sambutannya, mengatakan Safari Natal yang dilaksanakan oleh Pemkot Ambon bertujuan untuk meningkatkan spritualitas masyarakat.

“Kami dalam tanggungjawab untuk membangun Kota ini tidak saja terfokus pada pembangunan fisik tetapi diupayakan dengan keseimbangan pembangunan mental dan spritualitas masyarakat Kota yang adalah warga umat beragama,” ungkap Wattimena.

Dikatakan, perayaan natal yang dilakukan umat Kristiani setiap tahun untuk memperingati kelahiran Yesus Kristus sang juru selamat dunia.

“Ini adalah wujud nyata kesaksian kita bersama tentang proses kelahiran Yesus, tetapi juga mengevaluasi diri kita untuk terus berubah dan dan mengupayakan agar kita hidup sesuai dengan apa yang diajarkan oleh sang putra Natal itu,”ujarnya.

BACA JUGA:  Sekda Lepas 250 Kontingen Pesparani Katolik Nasional III Asal Maluku

Wattimena menjelaskan, perlu dimaknai kelahiran Yesus adalah sebuah peluang bagi umat manusia khususnya umat Kristiani untuk memperoleh tindakan penyelamatan Allah, pembebasan dari dosa dalam kehidupan umat.

“Oleh karena itu, peluang untuk memperbaiki diri dan menyadari eksetensi kehidupan kita seperti yang diajarkan Yesus karena itu adalah hal yang paling penting. Komitmen perlu dilakukan dengan baik karena tidak ada yang bisa dilakukan komitmen selain untuk mengikuti seperti apa yang Yesus diajarkan, karena tanpa itu kita tidak mungkin menjadi pengikut Yesus hingga saat ini,”ucapnya.

Ia juga mengatakan, dari setiap proses perayaan natal yang dilakukan, perlu dimaknai bahwa sebelum, pada saat dan kelahiran Yesus itu banyak orang yang menyaksikannya.

BACA JUGA:  DPRD Ambon Cek Kesiapan Penanganan Mudik Natal

“Jadi ada kerja bersama disitu, artinya kelahiran Yesus kita semua terpanggil untuk menyaksikan kelahiran Yesus supaya kita bekerja bersama karena dalam kebersamaan itu ada nilai suka cita, damai sejahtera, kebahagiaan, dan sebagainya agar kita bisa teruskan kepada agama umat yang lain,” terangnya.

Pada kesempatan itu, dirinya berharap agar masyarakat bisa memaknai perayaan natal sehingga bisa menjadi pedoman hidupnya.

Untuk diketahui, Safari Natal Pemkot akan dilanjutkan di Negeri Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon dan Negeri Passo Kecamatan Baguala, pada 28 Desember, serta Negeri Hutumuri Kecamatan Leitimur Selatan dan Kawasan Ahuru, Kecamatan Sirimau pada 29 Desmber mendatang. Rangkaian Safari Natal tersebut juga diakhiri dengan Program Wali Kota Jumpa Rakyat (WAJAR).(L06)