Share

LASKAR – DPRD Kota Ambon mendukung sepenuhnya revitalisasi Benteng Viktoria maupun relokasi markas Kodam XVI Pattimura yang saat ini sementara diperjuangkan Pemerintah Kota Ambon.

“Kami memberikan dukungan penuh kepada Pemerintah baik Pemerintah Kota Ambon maupun Pemerintah Pusat sehubungan dengan revitalisasi Benteng Victoria maupun reloksi Markas Kodam XVI Pattimura,”ungkap Wakil Ketua DPPRD Kota Ambon, Rustam Latupono, S.Pi kepada pers, Senin (08/03/2021).

Menurutnya, persetujuan dari DPRD Kota Ambon sangat beralasan, karena dari sisi sejarah misalnya Benteng Victoria merupakan situs sejarah yang memiliki nilai yang tinggi sehingga perlu dilestarikan.

“Dari sini, masyarakat Kota Ambon, Maluku secara umum maupun dunia dapat mempelajari sejarah keberadaan Benteng Victoria di Kota Ambon. Apa yang menjadi latar belakang sehingga ada Benteng Victoria di Kota Ambon, dapat dipelajari lewat jejak yang ditinggalkan oleh sejarah. Jadi, hal ini sangat penting,”ungkap Latupono.

BACA JUGA:  Pemkot Ambon Bertindak Ekstrim, Pelaku Perjalanan Wajib Kantongi Hasil PCR dan Kartu Vaksin

Sementara dari sisi pariwisata juga, tambah politisi Gerindra ini sangat memberi nilai tambah.

“Dengan direvitalisasinya Benteng Victoria akan menjadi salah satu tempat kunjungan wisatawan, baik Lokal, Nasional maupun juga Internasional. Nah, ini sedapatnya akan memberikan masukan atau nilai tambah bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Ambon kedepan,”tambahnya.

Yang, terpenting, lanjutnya, revitalisasi Benteng Victoria harus sama dengan bentuk aslinya.

“Keaslian bentuk bangunan harus orisinil, sehingga sebelum direvitalisasi perlu ditemukan bentuk aslinya. Yang saya tahu, bentuk atau desain Benteng Victoria ini ada di Museum Belanda. Karena itu perlu koordinasi dengan Pemerintah Belanda untuk mendapatkan desain tersebut,” tandasnya seraya mengharapkan kedepan pengelolaannya harus dilakukan secara baik dan butuh kerjasama semua pihak dalam menjaga dan melestarikannya sehingga menjadi kebanggan Maluku. (L02)