Share

AMBON, LaskarMaluku.com – Pemerintah Kota Ambon, melaksanakan Apel Pagi Sekaligus memperingati hari kesadaran nasional, dan Penerimaan Peserta Lomba Tingkat Nasional Regu Pramuka Penggalan Tahun 2024 pada Senin 17/7), di halaman parkir Balai Kota.

Untuk diketahui, Peringatan Hari Kesaktian Nasional ini dilakukan setiap tanggal 17 bulan berjalan.

Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena dalam arahannya mengatakan, Hari Kesadaran Nasional adalah hari yang ditetapkan untuk ASN sebagai pihak yang dipercayakan oleh negara untuk melaksanakan tugas-tugas penyelenggaraan pemerintahan.

Menurutnya, peringatan ini dimaksudkan untuk terus mengingatkan ASN, agar tetap semangat dan terus termotivasi untuk menjaga tegaknya NKRI.

Tetapi yang paling penting, kita semua menjadi alat pemersatu bangsa, kita memiliki tanggung jawab yang sama untuk tetap menjaga, memelihara NKRI lewat upaya-upaya untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air. Oleh karena itu, setiap tanggal 17 kita diingatkan untuk hal-hal dimaksud,”tuturnya.

BACA JUGA:  Kecamatan Nusaniwe Sabet Juara Umum MTQ Kota Ambon ke 28

dalam melaksanakan tugas-tugas penyelenggaraan pemerintahan itulah, ASN dituntut tetap komitmen dan konsisten untuk melaksanakan Tupoksi masing-masing, mengingat banyaknya tantangan yang sementara dihadapi saat ini, ASN harus kuat dan kompak.

“Saya berterima kasih selama ini kita boleh melaksanakan tugas dengan baik, tantangan internal bisa kita selesaikan, meski ada juga tantangan dari luar, dimana kita diperhadapkan dengan pihak-pihak lain yang menurut saya sebenarnya tidak perlu terjadi kalau kita masing-masing memahami tugas dan kewenangan kita, terutama untuk kawasan Pasar Mardika dan soak ini saya minta Sekkot lakukan koordinasi,”ujarnya.

Kemudian tantangan lain soal kritikan masyarakat terkait penanganan bencana.

Yang mana Pemerintah Kota telah melakukan tugasnya sesuai prosedur penanganan, meski demikian kritikan itu terus dilontarkan. Bahkan ketika kegiatan Apeksi kemarin, juga dikaitkan dengan kondisi bencana Kota Ambon.

BACA JUGA:  Nurlete Tuding Pj Walikota Tak Mampu Selesaikan Masalah Adat di Kota Ambon

Namun meski demikian, ASN harus tetap fokus melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Saya juga ementara berproses untuk reformasi birokrasi. Dimana manajemen ASN itu selain menjadi tugas tanggung jawab kita, tetapi juga ada penilaian oleh Pemerintah Pusat.

Dan tahun sebelumnya, capaian indikator manajemen ASN masih sangat rendah, pembinaan karir pegawai, penyesuaian terhadap pangkat jabatan barupun belum bisa dilakukan dengan baik. Dan itu bagian dari evaluasi kedepannya,”katanya.

“Ucapan terimakasih disampikan. Kepada mantan Sekertaris Kota Ambon yang juga,Ketua Kwarcab Pramuka Kota Ambon, A.G Latuheru
dan teman-teman yang telah yang membawa anak-anak, mengikuti kegiatan dan kembali dengan selamat bahkan menorekan prestasi.

“Semoga, apa yang semua kita lakukan diberkati oleh Tuhan yang, Maha Kuasa sehingga kota ini semakin maju,”Harapnya.(L06)