Share

AMBON, LaskarMaluku.com – Pengurus Ikatan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Nusa Tolo Maluku Periode 2023-2025 resmi dilantik, Kamis (27/7/2023).

Acara pelantikan dilakukan dengan tema, “Membangun Regenerasi kepemimpinan yang inovatif dan aspiratif serta bertanggung jawab untuk mewujudkan IPMA NUSA TOLO yang Lebih Baik”.

Dalam Laporan Ketua Panitia RAKER, Rodino Kelean mengatakan bahwa pemuda dan pelajar serta mahasiswa adalah kaum intelek yang penuh dengan jiwa kreatifitas dan inovatif baik dalam segi teoritis maupun praktis. 

Untuk menampung semua aktifitas kretivitas dan inovatif  tersebut membutuhkan sebuah  wadah yang menjadi promotor yaitu organisasi dalam hal ini adalah IKATAN PEMUDA PELAJAR DAN MAHASISWA NUSA TOLO.

Pemuda Pelajar dan mahasiswa adalah penerus perjuangan bangsa yang akan mengemban tampuk pimpinan yang kontribusinya sangat berperan penting dalam pembangunan serta kemjuan suatu bangsa. 

Realita yang terjadi saat ini bahwa tantangan persaingan global yang menuntut keahlian yang mumpuni serta kompetetif sehingga Perlu keahlian dan kempuan yang mapan untuk menjawab tantangan jaman tersebut. 

Dari dasar pemikiran tersebutlah maka perlu disiapkan individu yang handal baik dari segi mental, intelektual, serta keunggulan keterampilan. 

Sarana sesuai dalam proses untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan berorganisasi, organisasi yang dimaksud adalah IKATAN PEMUDA PELAJAR DAN MAHASISWA NUSA TOLO MALUKU.

BACA JUGA:  PSBB di Kota Ambon Diperpanjang 14 Hari

Rodino menambahkan, Wadah ini bertujuan sebagai wadah untuk menyatukan ketiga unsur pemuda agar bersama-sama saling mengembangkan kuilitas individu, saling belajar, dan saling membantu dalam meningkatkan keilmuan dan pengalaman organisasi.

Pada dasarnya suatu organisasi dikatakan ideal jika memenuhi empat tahapan yakni: Planing, Organishing, Controling, dan evaluasi. Keempat tahapan itu harus terlaksana untuk mecapai tujuan dan kemajuan organisasi, sehingga perlu adanya pergerakan seluruh organ demi tercapainya tujuan.  

Ada sebuah pepatah kuno mengatakn “ KEBAIKAN YANG TIDAK TER-ORGANISIR AKAN DIKALAHKAN OLEH KEBATILAN YANG TER-ORGANISIR”. 

Dari pepatah tersebut maka, sebuah perencanaan Program (planning) atau dikenal dengan istilah RAKER (Rapat Kerja) dalam organisasi, sehingga upaya-upaya dalam saty periode kedepan lebih tetrsusun rapih dan terarah demi kelancaran sebuah oragnisasi. 

Sebagai Suatu organisasi paguyuban maka peru adanya sebuah proses regenerasi untuk melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan untuk mewujudkan tujuan dari organisasi. 

Bagitu pula dalam sambutan Ketua Umum Demisioner Ilham Tuhuteru Menyampaikan bahwa IPMA NUSA TOLO merupakan sebuah wadah bagi pemuda dan pelajar dan mahasiswa yang bersasal dari Negeri Ilur Tunas sampai Arewan di kecamatan pulau gorom, kabupaten seram bagian timur. 

Untuk mewujudkan suatu kemajuan dan tatanan kehidupan yang lebih baik maka perlu adanya dasar atau pondasi yang kuat yang harus di tanamkan dalam diri setiap individu baik pematangan secara intelektual atapun secara emosional. 

BACA JUGA:  Pjs Bupati SBT Minta Warga Pertahankan Zona Hijau

Untuk membentuk dasar yang kuat itu maka IPMA NUSA TOLO hadir sebagai wadah untuk mewujudkan tujuan yang mulia itu. 

Tuhuteru Juga menghrapankan kepada pengurus yang baru saja dilantik, agar pada masa kepemimpinan kedepannya dapat mewujudkan tujuan dari pada organiasi itu melalui program-program kerja yang sesuai dan relevan dengan visi dan misi dari IPMA NUSA TOLO MALUKU. 

Dalam sambutan ketua umum  yang baru terpilih saudara Fifin Yanti Kilian dirinya  mengucapkan terimakasi kedapa seluruh senior dan teman-teman panitia yang memberikan dukunggan baik secara materi maupun sumbangsi piker sehingga proses  pemilihan ketua umum baru samapai pada tahab pelantikan berjalan dengan baik sebagai mana harapan kita bersama.

Kilian juga mengharapkan bahwa amanah yang sudah dipercayakan sebagai ketua umum terpilih kedepan lebih focus dan siap mengabdi untuk organisas sesuai tujuan dari IPMA NUSA TOLO itu sendiri.  

Dirinya mengharapkan kepada teman-teman fungsionarisnya agar tetap menjaga hubungan silaturahmi dan komunikasi antar sesama pengurus agar sesuai dengan misi organisasi.

Dalam sambutannya Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Konsorsium Pemuda Seram (KONSPERAM) Yasir Rumbouw, mangajak IPMA WANU TOLO untuk membangun sinergitas dengan semua elemen, baik di internal organisasi maupun internal dalam mendorong perbaikan dan kemajuan Negeri.

BACA JUGA:  Cuaca Ekstrim, DPRD Kota Ambon Himbau Warga Tetap Waspada

Yasir juga menyampaikan Pemuda adalah Agen of iron stoke yang nantinya akan melanjutkan perjuangan orang sebelumnya juga adalah pewaris tugas dan tanggung jawab yang ada, sehingga keorganisasian dalam prosesnya juga harus lebih mendorong pada pengembangan sumberdaya manusia yang cukup.

BURHANUDIN RUMBOUW dalam sambutannya sebagai Dewan Pembina/Senioritas dan sekaligus membuka dengan resmi Pelantikan dan Rapat Kerja IPMA NUSA TOLO MALUKU dirinya mengharapakan bahwa dalam proses kepemimpinan organisasi IPMA NUSA TOLO yang sudah berlangsung  4 kali pergantian ketua umum dirinya menegaskan bahwa dengan kepengurusan baru ini ketua umum sebagai nahkoda dapat membawa misi organisasi mencerdaskan generasi IPMA NUSA TOLO dari segi Intelektual, Emosional maupun Spritual untuk menjadi generasi yang berguna bagi bangsa dan negara sebagai mana tema pelantikan. 

“Membangun Regenerasi kepemimpinan yang inovatif dan aspiratif serta bertanggung jawab untuk mewujudkan IPMA NUSA TOLO yang Lebih Baik”.

Burhanudiun berharap ,  kepada pengurus yang baru di lantik bahwa IMPA   harus mampu bersaing di dunia kampus maupun di lingkungan masyarakan sebagai seorang kaum intelektual, generasi IPMA harus menunjukan contoh yang baik sebagai seorang Pelajar dan Mahasiswa agar visi dan misi organisasi tidak kehilangan arah. (L06)