Share

Ambon, LaskarMaluku.com – Masa Jabatan Rektor Universitas Pattimura yang dijabat Prof Dr M.J Nus Sapteno,SH.M.Hum berakhir, Sabtu (25/11/2023), sementara proses pelantikan Rektor terpilih Prof Fredy Leiwakabessy, akan berlangsung, Rabu (29/11/2023).

Sekretaris pemilihan rektor Unpatti, Dr. Joseph Pagaya, M.Kes mengatakan untuk mengisi kekosongan jabatan rektor selama beberapa hari ke depan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali mengangkat Prof Nus Saptenno sebagai Pejabat Sementara (Pjs) Rektor Unpatti hingga calon rektor terpilih periode 2023-2027, Prof Fredy Leiwakabessy dilantik.

“Jadi, tidak ada kekosongan jabatan kursi Rektor Unpatti, karena di hari yang sama, Kemendikbudristek, langsung mengangkat Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum, sebagai pejabat sementara untuk memimpin Unpatti hingga rektor terpilih dilantik. Dan hari pelantikan itu, telah ditetapkan oleh Kemendikbudristek pada hari Rabu, (29/11/2023),” jelasnya kepada pers di Ambon.

BACA JUGA:  DPP IKAPATTI Serahkan Bantuan Untuk 17 Mahasiswa Korban Kebakaran

Pagaya menegaskan, Kemendikbudristek mempunyai hak prerogatif untuk menetapkan pejabat yang dapat mengisi kekosongan pada setiap universitas setelah pemilihan rektor terjadi.

Sementara itu, Nus Sapteno yang dikonfirmasi, Senin (27/11/2023) membenarkan berakhir masa jabatannya sebagai Rektor Unpatti.

Hanya saja ketika disinggung soal wacana perpanjangan jabatan Rektor, Sapteno mengaku belum mendapatkan informasi dari pusat.

“Saya belum cek di bagian kepegawaian apakah ada informasi ini dari jakarta atau belum,”kata Sapteno singkat.

Ketika ditanya soal persyaratan dirinya mendaftar sebagai salah satu calon Penjabat Gubernur Maluku berkaitan dengan Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama sebagai Rektor Unpatti yang secara tidak langsung sudah hilang, dengan senyum Sapteno mengaku, semua keputusan ada di tangan DPRD Maluku yang memutuskan.

Turaya Samal

30 November DPRD Maluku Paripurna

BACA JUGA:  Murad Ismail Terancam Dipecat dari Ketua DPD PDI-Perjuangan Maluku?

Sementara itu, tanggal 30 November 2023 DPRD Maluku akan menggelar Paripurna untuk memilih tiga nama dari lima nama yang mendaftar sebagai Penjabat Gubernur Maluku.

Sekretaris Panitia penjaringan Calon Pj. Gubernur Maluku, Turaya Samal mengakui jika panitia telah mengantongi 5 nama calon dan nantinya DPRD akan memilih lima tersebut sesuai rangking perolehan suara.

Dirinya mengatakan kelima calon semua mempunyai peluang yang sama.

“Jadi suara terbanyak kesatu hingga ketiga itulah yang ditetapkan untuk diusulkan ke pemerintah pusat,”jelas Turaya.

Turaya menambahkan, paripurna memilih tiga nama dari lima nama yang mendaftar sebagai Pj Gubernur Maluku itu rencananya akan dilakukan pada Rabu, 30 November 2023.

“Satu orang anggota DPRD akan memilih tiga nama. Kalau dia hanya mau pilih satu nama tidak masalah. Intinya harus pilih,”tandasnya.

BACA JUGA:  Golkar Kota Ambon Pastikan Said Assagaff Menang

Untuk diketahui lima nama yang mendaftar masing-masing, Deputi Bidang Operasi Keamanan Siber dan Sandi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Mayor Jenderal (TNI) Dominggus Abraham Pakel, komisioner Komisi Nasional Perempuan Olivia Salampessy/Latuconsina, staf ahli Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Jufri Rahman.

Kemudian Pejabat Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Sapteno, SH, rektor Institut Agama Islam Negeru (IAIN) Ambon Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin M.Si. (L05)