Share

AMBON, LaskarMaluku.com – Bupati Buru Selatan Safitri Malik mengikuti fit and proper test yang dilaksanakan oleh DPW PKS Provinsi Maluku, Selasa (11/6/2024).

Safitri mengatakan, dirinya baru mengikuti fit and proper test dikarenakan ia baru saja balik dari Jakarta.

“Jadi memang jadwal seharusnya dari minggu lalu tapi karena kebetulan ada tugas di Jakarta sama acara partai di PDIP, jadi saya baru bisa hari ini Hadir. Dan Alhamdulilah bisa komunikasi yang baik dengan PKS khususnya di DPD di kabupaten dan Ketua PKS di Provinsi,”ujarnya seraya mengakui jika dirinya sudah mendaftar di hampir sebagian besar partai di kabupaten Buru Selatan.

“Kalau untuk di kabupaten saya daftar semua, kecuali hanya Golkar yang sudah ada kandidatnya, sementara partai lain saya ikut mendaftar dan berproses,”akuinya.

BACA JUGA:  RSA Maluku Resmi Deklarasikan Anies Baswedan Presiden RI

Dirinya menambahkan, bukan saja PKS yang sudah melaksanakan fit and proper test, namun ada beberapa partai seperti PDIP dan PKB juga sudah, sehingga sudah 3 partai yang melakukan fit and proper test.

Ketika ditanya soal wakil, ia mengakui sudah ada tiga orang yang mendaftar namun masih perlu di proses untuk di survei.

“Untuk wakil, ada tiga yang mendaftar menjadi wakil dan ini lagi proses survei. Yang pasti penting juga bagaimana memberikan kontribusi yang baik untuk daerah kita, bukan berarti Wakil Bupati yang lama tidak baik namun ya ini kita berusaha untuk bagaimana menghormati mekanisme partai. Kalau dulu kita mendaftarnya bupati dengan wakil bupati sekarang kita daftarnya bupati sendiri, wakil sendiri,” ucapnya.

BACA JUGA:  Mimpi Berpasangan Dengan Patahana, BMW Harap Dipinang MI

Pada kesempatan itu, ia juga mengakui bahwa belum mendapatkan rekomendasi dari PDIP.

“Rekomendasinya belum, yang kemarin kita diundang juga yang pasti itu bagian dari proses sebenarnya kita menghormati proses dalam rangka survei dan itu menentukan wakil disitu juga,” ucapnya.

Sekedar diketahui, Safitri Malik Soulisa (lahir 15 September 1977) adalah seorang politikus kelahiran Ternate. Safitri Malik Soulisa adalah istri dari mantan Bupati Buru Selatan, Tagop Sudarsono Soulisa dari 2011 sampai 2020. Safitri Malik Soulisa pernah menjabat Anggota DPRD Provinsi Maluku periode 2014-2019. Pada Juni 2021, ia dilantik menjadi Bupati Buru Selatan periode 2021-2026.

Safitri tercatat sebagai Bupati perempuan pertama di Maluku. Sebelumnya daerah di provinsi tersebut(Bursel) belum pernah dipimpin perempuan. (L06)