Share

LASKAR – Jelang perayaan Hari Raya Kurban “Idul Adha” 1441 H/2020 M yang jatuh pada tanggal 31 Juli 2020, Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon, SH. MH dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Kecamatan Wuar Labobar pada tanggal 29 Juli 2020, menyerahkan empat ekor sapi kepada umat Muslim di empat desa masing-masing Desa Karatat, Desa Kilon, Desa Labobar dan Desa Persiapan Namralan.

Selanjutnya pada tanggal 30 Juli 2020 bantuan yang sama berupa satu ekor sapi juga diberikan kepada umat muslim di Kecamatan Tanimbar Utara. 

Sebelumnya pada tanggal 28 Juli 2020, Bupati juga telah menyerahkan hewan kurban kepada masyarakat Muslim di Kota Saumlaki.

Terkait dengan penyerahan hewan kurban, Bupati Fatlolon menegaskan bahwa sudah menjadi komitmen Pemerintah Daerah untuk setiap tahun menyerahkan hewan kurban bagi umat Muslim yang merayakan Idul Adha.

BACA JUGA:  Cegah Covid-19 Gubernur Batasi Masuk Keluar orang di Maluku

Dirinya berharap agar panitia hari-hari besar di masing-masing desa dapat menyalurkan bantuan ini secara baik kepada umat yang berhak menerima. 

“Harus ada komitmen dan kerjasama yang baik antara, panitia, pimpinan umat dan perangkat desa guna memperlancar proses pemotongan sampai dengan penyalurannya,”katanya memberi saran.

Dalam rilis Humas Setda KKT, Bupati juga terus mengingatkan warga di desa-desa yang dikunjungi untuk terus menjaga lingkungan agar tetap bersih dan indah dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat seperti di pantai/laut. 

“Jika lingkungan kita bersih maka kita akan sehat dan terhindar dari berbagai penyakit termasuk dari ancaman virus corona,”ungkap Fatlolon seraya mengingatkan bahwa saat ini hampir di setiap desa kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat belum menjadi kebiasaan atau suatu budaya. 

Dikatakan, kebanyakan dari masyarakat yang masih membuang sampah plastik dan sampah rumah tangga tidak pada tempatnya. Kebiasaan membuang sampah di laut akan memperburuk keiandahan pantai itu sendiri. Hal ini perlu menjadi perhatian serius aparatur pemerintah desa dengan menciptakan program bersih-bersih desa pada setiap akhir pekan. Setiap desa harus bisa menjadi contoh bagi desa-desa lainnya dalam hal menjaga kebersihan lingkungannya.

BACA JUGA:  Satpol PP Promal Gelar Jalan Santai Dan Kerja Bakti

Di desa Persiapan Namralan, usai penyerahan hewan kurban Bupati menyempatkan diri meninjau lokasi SMP Satu Atap Kecamatan Wuarlabobar yang berlokasi di Desa Romnus yang letaknya bersebelahan dengan Desa Persiapan Namralan. 

Bupati berjanji akan mempercepat proses pembangunan SMP dimaksud pada lokasi yang telah ditetapkan. Selain berdialog dengan para guru Bupati juga menyempatkan diri berbagi cerita dengan para siswa siswi SMP, dan pelajar PAUD TK dan SD.

Terkait dengan status Desa Namralan yang masih berstatus desa persiapan Bupati menghimbau kepada Perangkat Desa agar terus berkoordinasi dengan Kepala Bagian Pemerintahan dan Otonomi Daerah guna mempercepat proses peningkatan statusnya menjadi desa definitif. 

Pihak Perangkat Desa dimintanya untuk harus menjemput bola sehingga prosesnya berjalan lancar mengingat waktu pelaksanaan pemilihan serentak semakin dekat.

BACA JUGA:  Ombudsman Maluku Jemput Bola Jaring Konsultasi Masyarakat

Dalam kunjungannya di Desa Kilon selain menyerahkan hewan kurban, Bupati yang didampingi Asisten Bidang Administrasi bersama Pimpinan SKPD terkait menyempatkan diri meninjau lokasi pelaksanaan STQ wilayah Tanimbar Utara yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus mendatang. 

Kepada seluruh masyarakat terutama di desa-desa yang melaksanakan proses pemilihan Kepala Desa serentak tahun ini, dihimbau untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban selama masa penjaringan bakal calon di tingkat Soa atau mata rumah di masing-masing desa. Pilihan boleh beda tetapi keamanan desa harus tetap terpelihara dengan baik sampai pelantikan kepala desa terpilih nantinya. (L03)