Share
Walikota Ambon Richard Louhenapessy saat membacakan pidato pada upacara Perayaan HUT Kota Ambon ke-445, Senin (07/09/2020) di Lapangan Tantui

LASKAR – HUT Kota Ambon ke-445 tanggal 7 September 2020 tahun ini dirayakan secara sederhana dan diguyur hujan deras serta diikuti oleh warga Kota Ambon melalui aplikasi zoom dan live streaming yang disiarkan Pemkot Ambon.

Upacara perayaan HUT Kota Ambon dilaksanakan di lapangan Tahapary Tantui Ambon, Senin (07/09/2020) dengan undangan yang serba terbatas.

Upacara dipimpin Walikota Ambon Richard Louhenapessy dengan memakai pakaian adat. Para pengisi acara di lapangan tetap mengikuti upacara kendati seluruh tubuhnya sudah basah kuyup.

Pesan Walikota di HUT Kota Ambon ke 445 ini, yakni warga diminta untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

BACA JUGA:  Walikota Ambon Kunjungi Tiga Pos PKM

Di momentum HUT Kota Ambon ke-445 pada masa pandemi Covid-19 ini, Walikota meminta kepada masyarakat agar terus mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Yakni dengan memakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan. Karena dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan itulah, dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Kata Walikota, tema HUT Kota Ambon tahun 2020 ‘Ambon Sehat’ ini merupakan ungkapan doa dari pemerintah dan semua masyarakat Kota Ambon yang percaya kepada Tuhan agar Ambon tetap dijaga.

“Untuk itu, jika yakin dan percaya maka Tuhan akan tunjukkan kuasanya untuk membuat Ambon Sehat,” ujar Richard.

Usai upacara mengatakan, Walikota mengatakan, perayaan HUT Kota Ambon tahun 2020 ini sangat berbeda. Biasanya masyarakat sudah membanjir Lapangan Merdeka Ambon untuk merayakan hari jadi Kota Ambon. 

BACA JUGA:  Bersinergi Sikapi Kapal Ikan di Perairan Seira

“Namun kali ini perayaan dilakukan sederhana karena pandemi Covid-19,” kata Richard.

Walikota mengatakan sebagai warga Kota Ambon, masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan covid-19. 

“Jangan bilang ale Ambon kalau tidak disiplin dari 4M, yaitu pakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan dan jauhi diri kerumunan,” kata Walikota Richard.

Tapi keinginan saja tidak cukup, harus baku bantu dengan merubah kebiasaan agar keinginan tersebut jadi nyata.

“Pesan saya di HUT Kota Ambon cuma satu, jang paskali bilang ale Ambon, kalo seng disiplin 4M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Itu saja,” tegas Richard. (L01)